29.12.18

Apa itu Penggerak Bukalapak?

Semakin besar tantangan yang akan dihadapi oleh Pelaku UKM di 2019 termasuk berjualan online. Apabila tidak bisa mengikuti perkembangannya bisa saja disalip oleh orang lain yang lebih cepat mendapatkan informasi.

Cara efektif agar kita tidak kudet adalah dengan menghubungi Penggerak Bukalapak yang selalu siap memberikan pendampingan dan pencerahan terkait jualan online. ... Tapi, Apa itu Penggerak Bukalapak?

Apa itu Penggerak Bukalapak? 

Penggerak Bukalapak lahir dari sebuah ide ingin memajukan UKM Bandung khususnya dan Indonesia pada umumnya. Di era digital mau tidak mau diperlukan sebuah inovasi yang mampu menjadi penopang perekonomian baik di keluarga ataupun di masyarakat termasuk saat bernegara.

Untuk merealisasikan hal tersebut Bukalapak optimis dan yakin akan jamak orang membutuhkan lebih dari sekadar platform online atau Aplikasi Bukalapak. Maka diciptakanlah Penggerak Bukalapak.

Penggerak Bukalapak efektif lahir di Bandung pada pertengahan Februari dengan mencoba fokus pada bagaimana meng-online-kan UKM Bandung serta membuat para pelaku bisnis dapat lebih maju melalui penjualan online.

Di 2019, tidak saja di Bandung, di Jawa Barat - hari ini Penggerak Bukalapak sudah hadir di setiap kota dan kabupaten - seperti; Tasik, Garut, Cirebon, Subang dan Purwakarta. Penggerak Bukalapak bertugas menemukan pelaku UKM yang masih berkutat dengan cara konvensional alias berjualan offline.

Penggerak Bukalapak dengan tagline UKM Naik Kelas terjun ke masyarakat kemudian mengedukasi pelaku UKM dan membuatnya aktif berjualan di Bukalapak. Tidak berhenti di situ, Penggerak Bukalapak terus bertugas menemani pelaku bisnis bertumbuh.

Sejarah Penggerak Bukalapak 

2016 merupakan tonggak sejarah berdirinya Penggerak Bukalapak. Adalah Penggerak Pelapak mulai hadir di beberapa kota di Indonesia dan menjadi motor penggerak UKM Naik Kelas. Bergerak secara inisiatif mendatangi pebisnis kelas UKM dan memberikan edukasi serta pendampingan cara berjualan online yang efektif.

Mulai dari pembuatan akun, menguraikan kelengkapan akun yang harus diketahui oleh calon pelapak termasuk pengetahuan tingkat keamanan dan verifikasi akun Bukalapak diajarkan oleh Penggerak Pelapak.

Di Bandung sendiri ada seorang figur teladan sekaligus pionir Penggerak Pelapak yaitu Egi Setiadi - pemilik lapak Otakcinong Shop.

Sosok ini pula yang mengenalkan saya tentang besarnya potensi dunia e-commerce untuk keberlangsungan bisnis yang kita kelola bahkan membentuk saya sebagai Team Leader Penggerak Bukalapak - Egi lah orangnya.

Edukasi lain yang diberikan oleh Penggerak Pelapak di awal kemunculannya adalah memberikan teknik photography, copywriting, optimasi fitur, trik dan strategi dalam menentukan harga dan detail optimasi berjualan termasuk proses pengepakan (packing), pengiriman serta pencairan dana hasil penjualan di Bukalapak masuk ke rekening pelapak.

Bukalapak kemudian mencanangkan UKM Go Online - guna menaikkan kelas para pebisnis UKM yang ada di masyarakat pada Januari 2018 di Jakarta. Tentu saja ini bukan sebuah agenda biasa sehingga Bukalapak merasa perlu untuk melakukan perekrutan petugas Penggerak Bukalapak. Tidak lama dari gagasan tersebut, maka lahirlah Penggerak Bukalapak Bandung pada Februari 2018.

Fakta Menarik seputar Populasi Penggerak Bukalapak Saat Ini


Hari ini - seiring berjalanya program Penggerak Bukalapak sudah terdapat jamak fakta menarik seputar gerakan ini. Bisa disebutkan:

  • Ada sekitar 350 Penggerak Bukalapak di Indonesia
  • Sepanjang 2018 telah bergabung 50 ribu pelaku UKM Bandung dan kota-kota lain di Indonesia memiliki akun jualan Bukalapak.
  • Ada ratusan ribu transaksi dari Pelapak yang didampingi oleh Penggerak Bukalapak.
  • Bukalapak sebagai pendongkrak omzet terbukti tidak lama dari setelah bergabung (kurang dari 7 hari) lapaknya langsung memiliki transaksi yang harus diproses.
Inti dari tugas Penggerak Bukalapak adalah mengunjungi langsung pebisnis di lapangan secara tatap muka. Dengan kondisi seperti ini petugas langsung menemukan hal-hal yang dialami oleh para pelaku UKM, seperti; pemahaman pebisnis tentang Bukalapak, seberapa melek teknologi setiap pelaku bisnis yang ditemui, mendengarkan harapan dari calon pelapak sehingga petugas mampu mendorong mereka agar termotivasi melakukan proses demi kemajuan bisnisnya.

Ada 6 (enam) poin penting dari edukasi yang selalu dipaparkan petugas Penggerak Bukalapak saat turun bertugas di lapangan:
  1. Peluang berjualan online di Bukalapak
  2. Kemudahan berjualan online di Bukalapak
  3. Besarnya pangsa pasar berjualan online di Bukalapak
  4. Membangun kisah sukses dan pengalaman berjualan online di Bukalapak
  5. Memberikan peluang branding dan omzet yang besar dengan berjualan online di Bukalapak
  6. Akses permodalan sebagai biaya pengembangan bisnis berjualan di Bukalapak
Apa itu Penggerak Bukalapak?

Terakhir, pembaca saya ajak untuk menonton youtube Cikal Bakal Lahirnya Program Penggerak Bukalapak di Indonesia yang terus bergerak membangun UKM Indonesia agar bisa menjadi #UKMNaikKelas ...

Pembaca ... Bisnis Anda ingin dibantu Penggerak Bukalapak? Silakan hubungi via SMS ke nomor: 0877-3000-2644