Header Ads

Bersha ~ Berani Shabar A la Jasmine Snack

Bersha ~ Berani Shabar A la Jasmine Snack - Berawal dari banyaknya jumlah pohon sukun yang tumbuh subur di lingkungannya memicu Enung Nurnaningsih untuk ambil langkah.

Langkah yang diambil oleh istri dari Usa Saepudin ini adalah mengubah buah sukun tersebut menjadi cemilan. Penulis lantas bertanya, "Seberapa besar potensi buah sukun untuk diolah menjadi sesuatu yang produktif?"

"Sangat besar karena saya ingin menjadikan olahan pangan tradisional menjadi suatu cemilan yang kekinian dan dapat diterima di masyarakat berbagai kalangan," tegas Enung.

Maka sejak awal 2017, Enung mulai fokus memproduksi cemilan Kesuku. Apa sih kesuku? Dari foto produk yang diperlihatkan oleh ibu dari 4 orang anak ini nampak jelas arti dari Kesuku; Keripik Sukun.


Bersha ~ Berani Shabar A la Jasmine Snack


Bersha ~ Berani Shabar A la Jasmine Snack

Hal lain yang juga ditanyakan oleh penulis kepada ibu 47 tahun ini tentang, "Apa itu Bersha?" dan "Apa itu Jasmine Snack?"

Apa itu Bersha?

Bersha itu merupakan kependekkan dari Berani Shabar. Menurut Enung dalam bisnis ada saatnya naik dan ada saatnya turun. Sempat juga ibu Enung bergurau dengan mengatakan, "Gak tau nyambung atau gak tapi saya suka nama itu. Yaa ... semoga nama Bersha membawa hoki untuk saya!"

"Sebagai pejuang ekonomi ada kalanya (jualan-red) laku dan ada kalanya juga sepi, di sinilah kita harus betul-betul sabar dan ikhlas," ucap Enung kepada UKM Bandung.

"Dari situlah muncul ide, saya memberi nama untuk produk saya ini dengan judul, 'Bersha' kependekan dari berani bersabar...," tambahnya dengan begitu yakin.

Apa itu Jasmine Snack?

Salah satu anak dari pasangan Usa dan Enung bernama Jasmine, sebab terdengar bagus juga untuk dijadikan nama perusahaan - akhirnya nama tersebut yang dipilih untuk memproduksi cemilan keripik sukun Bersha.

"Jasmine adalah nama perusahaan yang idenya berawal dari nama anak bungsu saya, ya udah saya ambil nama anakku saja sebagai nama perusahaan (Jasmine Snack-red)," ujar Enung dengan nada bahagia.

Bersama dengan suami, Enung sejak setahun yang lalu bahu membahu memproduksi Kesuku atau Keripik Sukun. Dalam sekali produksi, Bersha dengan Kesuku-nya bisa sampai 10 kilo atau sama dengan 30 butir buah sukun.

Keripik Sukun Bersha saat ini hanya memiliki dua varian rasa; Original dan pedas saja. Yang menarik dari produksinya tersebut adalah konsep cemilan kekinian yang terus dikembangkan.

"Saya ingin sekali mengubah imej dari sukun yang selama ini dimaklumi sebagai olahan pangan tradisional menjadi suatu cemilan yang kekinian dan dapat diterima di masyarakat berbagai kalangan," kata Enung dengan penuh semangat.

Usa Saepudin suami Enung pemilik brand Bersha - UKM Kabupaten Bandung
Usa Saepudin suami Enung pemilik brand Bersha - UKM Kabupaten Bandung sedang proses produksi cemilan Kesuku (keripik sukun)
Tidak saja Keripik Sukun yang diproduksi oleh Jasmine Snack, brand Bersha pun memiliki produk varian lain dari buah sukun, seperti; nastar sukun, kerupuk sukun dan sukun crispy. Keputusan Enung untuk mengembangkan produk Bersha lahir dari pemikiran kreatif. 

"Saya berpikir, 'masa hanya berhenti di keripik saja? Makanya saya berinovasi produk sukun yang lainnya," ujar Enung.

Sempat juga dilibatkan untuk mengikuti pameran food ethnic, Bersha pun memiliki kemasan yang difasilitasi oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bandung. 

Kemasan Bersha bantuan dari Disperin
Kemasan Bersha bantuan dari Disperin dan tiga produk lain yang juga produk yang dikembangkan oleh Jasmine Snack.

Dalam bekerja, Enung selalu memaksimalkan orang-orang yang ada di rumahnya saja. Jadi Bersha ini benar-benar sebuah unit bisnis rumahan.

"Kalau produksi banyak paling hanya bagi tugas sama anak-anak saat mereka sedang berkumpul di rumah. Tapi kalau semua lagi pada sibuk saya ambil orang satu orang saja dari luar," kata Enung memberikan penjelasan kepada UKM Bandung.

Mengingat adanya masa kadaluarsa dari cemilan ini, ada yang cocok dengan apa yang dijalankan oleh Jasmine Snack dengan fitur yang terdapat di Bukalapak - yaitu pre order (PO). 

Di Bukalapak - karena penulis adalah Penggerak Bukalapak, jadi perlu menjelaskan hal tersebut - saat ini memiliki fitur PO yang cukup leluasa, yaitu PO hingga 30 hari.

Tidak saja bagi Jasmine Snack dengan Bersha, pembaca pun ketika terkendala dengan minimnya durasi pre-order, fitur yang ada di Bukalapak ini bisa menjadi solusi saat hendak berjualan online.

''Kan ada kadaluarsanya makanya saya gak berani produksi terlalu banyak," jawab Enung saat ditanya kemampuan memproduksi keripik sukun Bersha yang tidak bisa terlalu banyak.

Keripik Bawang Varian Lain Bersha memiliki 2 rasa original dan pedas
Keripik Bawang Varian Lain Bersha memiliki 2 rasa original dan pedas
Produk selain keripik sukun yang juga dibuat oleh Enung lewat perusahaan Jasmine Snack-nya adalah produk Keripik Bawang. Ada dua varian rasa dari Keripik Bawang miliknya; rasa original dan rasa pedas.

Bersha ~ Berani Shabar A la Jasmine Snack

Bersha ~ Berani Shabar A la Jasmine Snack
Bersha ~ Berani Shabar A la Jasmine Snack
Alamat Jasmine Snack di Kp. Babakan RT. 01/24, Ds. Mekar Rahayu, Kec. Margaasih - Kabupaten Bandung. 
TAHUKAH ANDA? Buah sukun menyimpan berbagai khasiat bagi kesehatan dan membantu mengatasi beberapa jenis penyakit. Ada jamak manfaat dari buah ini, antara lain; sumber vitamin dan mineral untuk kesehatan rambut manusia, sangat baik untuk kesehatan kulit, sumber antioksidan, sebagai obat bagi penderita susah buang air kecil, membantu tumbuh kembang anak-anak, sumber makanan bagi yang tengah diet sebab bisa mengenyangkan dalam waktu yang lama, kaya akan serat.

Terakhir dari penjelasan Enung dengan Bersha-nya, ibu ini memiliki tujuan yang sangat baik dalam mengelola pelanggan.

"Saya ingin memperlakukan pembeli bukan sebagai konsumen yang sekali datang dan tidak kembali lagi. Tapi saya ingin mereka terus menjadi pelanggan yang loyal," ujar Enung. 

"Pelanggan yang loyal itu akan memberikan informasi demi perkembangan Bersha. Maka saya siap menerima keritik dan saran dari para konsumen. Kalau sampai ada masukkan yang 'briliant' dari para konsumen, saya akan terapkan pada perusahaan ini," pungkas Enung. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.