29.12.18

Ini Dia Resep Gurih dan Kriuk Comring Desstika Krezz 01

"Ingin menambah khasanah snack Nusantara dan mengangkat makanan tradisional untuk dikenal di dunia internasional," tegas Sugiyanti pemilik produk makanan ringan Comring Desstika Krezz 01 - salah satu UKM Kabupaten Bandung.

Ini Dia Resep Gurih dan Kriuk Comring Desstika Krezz 01
Ini Dia Resep Gurih dan Kriuk Comring Desstika Krezz 01
Hal tersebut diungkapkan langsung kepada penulis saat berkesempatan berbincang-bincang beberapa waktu yang lewat. Pada kesempatan itu pula diperoleh informasi mengenai resep di balik gurih dan kriuk Comring Desstika Krezz 01 ini.

Dengan tanpa basa-basi, istri dari Samsul Gorip warga Perumahan Sanggar Indah Banjaran Cangkuang Kabupaten Bandung tersebut menyebutkan beberapa bahan utama dari Comring.

"Bahan Comring Desstika Krezz 01 terdiri dari tepung tapioka, tepung terigu, gula merah, garam, cabe rawit, kencur, oncom dan tidak ketinggalan ... bawang putih," ujar Sugiyanti, pebisnis yang saat ini usianya sudah 46 tahun tapi memiliki semangat yang tinggi dengan menjadi pelaku UKM Bandung.

Tentu saja keberlangsungan bisnis yang saat ini dijalankan oleh Comring Desstika Krezz 01 didukung sepenuhnya oleh keluarga. Dan berbicara keluarga, nama Desstika yang ada dalam merek comring ini merupakan akronim dari anak-anak pasutri Samsul (49 tahun) dan Sugiyanti.

"Suami saya berusia 49 tahun, saya sendiri sekarang 46 tahun. Anak pertama berusia 21 tahun, anak kedua berusia 12 tahun dan yang bungsu berusia 4 tahun," ucap Sugiyanti dengan antusias.

Desstika adalah nama-nama anak, yaitu; Dessika Kusuma Sulistiyanti, Jalaludin Akbar dan Moch Ilham Sugiharto.

"Kalau Krezz01 itu tambahan merek saja namun ada maknanya selain menunjukkan cemilan yang renyah. 01 itu penanda, dari tanggal kelahiran anak saya yaitu lahir pada 01 Desember 1997," sambung Sugiyanti.

Comring Desstika Krezz 01 - sebagai merek yang sudah dipatenkan oleh HaKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) ini telah tersebar di beberapa pusat makanan dan minuman seperti; di Surabaya, Jawa Tengah dan Jakarta.

Dan beberapa tempat yang hari ini tengah populer sebut saja; Kunafe, Makuta, Dekranasda Kabupaten Bandung, Indomaret sekitar Soreang, Ciwidey, Kopo, termasuk di RS Immanuel - Comring Desstika Krezz 01 pun hadir di sana.

Saat ditanya sudah dijual online, Sugiyanti menyebutkan bahwa Comring Desstika Krezz 01 nya tersebut sudah tayang di BliBli.

"2019 insya Allah akan masuk Go Food dan Bukalapak, doakan saja," ujarnya dengan penuh harap.

Reaksi positif dari para pelanggan atau penikmat Comring Desstika Krezz 01 adalah hal yang tidak bisa dilupakan oleh ibu 3 orang anak ini dan menjadi penyemangat untuk terus meningkatkan kualitas terutama citarasa dari cemilan itu sendiri.

Keberhasilan yang saat ini diraih oleh Sugiyanti mampu membawa Comring Desstika Krezz tersebar ke mana-mana tidak lepas dari dukungan banyak pihak.

"Semua ini tidak lepas dari support keluarga, kolega, rekan -rekan UKM, Dinas terkait yang memfasilitasi legalitas, event bazaar, pelatihan dari Bapak Bupati Kabupaten Bandung melalui Diskopukm, Dinkes, Disperin dan jajarannya," imbuh Sugiyanti.

Bila ingin menemukan Comring Desstika Krezz 01 bisa lewat Instagram dan Facebook.

"Instagramnya @sugiyanti9308, sedangkan Facebook, cari saja Ilham sugiharto." tambahnya.

Tahukah Anda? Comring Desstika Krezz 01 kali pertama mulai beredar di pasaran pada 2014. Hadir dengan beberapa varian rasa; Comring Rasa Original, Oncom pedas, rasa pecel. Produk ini beralamat di Perum Sanggar Indah Banjaran Blok M6 no 15 rt 06/rw 11 Desa Nagrak Kecamatan Cangkuang Kab.Bandung 40377.

Comring Varian Rasa Oncom Pedas Desstika Krezz01
Comring Varian Rasa Oncom Pedas Desstika Krezz01

Comring Varian Rasa Oncom Desstika Krezz01
Comring Varian Rasa Oncom Desstika Krezz01

Comring Varian Rasa Pecel Desstika Krezz01
Comring Varian Rasa Pecel Desstika Krezz01

Comring Varian Rasa Original Desstika Krezz01
Comring Varian Rasa Original Desstika Krezz01

Ini Dia Resep Gurih dan Kriuk Comring Desstika Krezz 01

Proses pembuatan comring, langkah pertama siapkan tepung tapioka, tepung terigu lalu semuanya dicampur dengan bumbu yang sudah dihaluskan seperti; bawang putih, kencur, garam. 

Setelah semua bahan tadi yang disebutkan tercampur, selanjutnya kita siram dengan air yang mendidih sama seperti kita biasa membuat adonan cireng.

Aduk hingga merata kemudian ambil adonan dan bentuk sebesar kelereng silakan diisi dengan bumbu sesuai varian rasa. Rasa yang dimaksud antara lain; bumbu oncom, seledri untuk mrngolah comring rasa orisinil, bumbu pecel(ditambahi dengan irisan daun jeruk purut). Setelah disesuaikan rasa comringnya lanjutkan dengan mengambil adonan lalu pipihkan siap untuk digoreng dengan api sedang.

Untuk varian Oncom Pedas, Comring Oncom ditabur bubuk cabe rawit yang disangrai, dihaluskan, dibumbui rempah-rempah. Dan bagi yang tidak suka pedas, sudah tersedia varian rasa original.

"Saat ini sudah ketahuan Comring yang paling digemari yaitu varian oncom pedas, varian rasa Pecel yang sudah masuk Indomaret. Untuk rasa original sengaja kami buat diperuntukkan bagi pelanggan kami yang tidak suka pedas," ucap Sugiyanti.

Itulah uraian lengkap dari resep gurih dan kriuknya Comring Destika Krezz - oleh oleh khas Cangkuang; Desstika Krezz 01.