31.12.18

Pelatihan Gapura Digital : Pelatihan Gratis untuk UKM Bandung

Pelatihan Gapura Digital : Pelatihan Gratis untuk UKM Bandung - Tidak terasa sudah 1 tahun program Gapura Digital diadakan di Bandung. Sejak diresmikannya Bandung menjadi salah satu dari 10 kota yang mengadakan pelatihan Gapura Digital atau lebih tepatnya pada 15 Mei 2017.

Pelatihan Gapura Digital : Pelatihan Gratis untuk UKM Bandung
Pelatihan Gapura Digital : Pelatihan Gratis untuk UKM Bandung
Peresmian Gapura Digital waktu itu berbarengan dengan diadakannya konferensi WomenWill yang sekaligus menggelar pelatihan gratis dengan peserta sebanyak 1600 pelaku UKM Bandung.

Gapura sendiri merupakan akronim untuk Gerakan Pelatihan Usaha Rakyat, menurut Fibriani Elastria selaku Project Leader of WomenWill Campaign Google Indonesia menyebutkan, Gapura Digital merupakan sebuah agenda pelatihan yang bertujuan mengajak pelaku usaha kecil menengah (UKM) di wilayah Bandung dan sekitarnya.

Sejak kali pertama dirilis pada 2014, program Gapura Digital telah mencetak 7 ribu UKM di 6 kota yang ada di Indonesia termasuk Bandung. Tujuan utama dari program ini membantu para UKM untuk memperkenalkan merek-merek yang dikelola di internet selain memberikan tips bagaimana memaksimalkan internet guna perkembangan bisnis mereka secara online.

Potensinya memang sangat besar, merujuk pada data yang sudah dirilis oleh Deloitte Access Economics - sebuah badan riset, menjelaskan, "Para pemilik UKM Indonesia yang memasarkan bisnis mereka menggunakan internet mengalami peningkatan pendapatan hingga 80% daripada UKM yang tidak menggunakan internet."

Ada sekira 100 juta pengguna internet yang mencari tempat-tempat baru atau mencari informasi produk yang mereka butuhkan. Seandainya yang dicari adalah produk yang dimiliki oleh pembaca tentunya ini sangat berdampak positif bagi perkembangan bisnis yang kita kelola baik dari sisi brand awareness atau pun peningkatan omzet.

Awal mula Pelatihan Gapura Digital : Pelatihan Gratis untuk UKM Bandung ini dilakukan serentak bersama dengan kota-kota lain seperti Jakarta dan Surabaya pada Mei 2017 dengan cara bekerjasama dengan co-working space yang ada di kota masing-masing. Untuk Bandung sendiri sekarang pelatihannya rutin digelar di Lo.Ka.Si (sebuah coworking space di bilangan jalan Dago berdampingan dengan kantor R & D Bukalapak.

Hingga di penghujung tahun (2018), Gapura Digital sudah menjangkau beberapa kota lainnya, sebut saja;  Semarang, Malang, Yogyakarta, Denpasar, Makassar, Pontianak dan Medan. Awalnya, Pelatihan Gapura Digital : Pelatihan Gratis untuk UKM Bandung ini hanya memberikan materi seputar; Panduan Dunia Digital, Google untuk Bisnismu, Website Efektif dan Pengenalan SEO serta SEM saja.

Namun sekarang materi semakin bertambah sehingga semakin banyak pilihan materi yang bisa dipilih oleh pelaku UKM Bandung sesuai dengan minat mereka. Beberapa materi lain yang dimaksud adalah petunjuk untuk memasarkan bisnis di YouTube, pendalaman tips terkait SEO dan SEM dan informasi lain dari produk-produk dari Google yang selama ini belum pernah diketahui.

adetruna saat mengisi Pelatihan Gapura Digital : Pelatihan Gratis untuk UKM Bandung
Adetruna saat mengisi pelatihan Gapura Digital : Pelatihan Gratis untuk UKM Bandung
Pembaca ... Anda tertarik dengan Pelatihan Gapura Digital : Pelatihan Gratis untuk UKM Bandung? Sila kunjungi laman g.co/gapuradigital lalu pilih Bandung sebagai kota tempat mengikuti pelatihan gratis untuk pelaku UKM tersebut.