Header Ads

Segudang Prestasi Diraih BangJeri

Segudang Prestasi Diraih BangJeri - Sebelum kita melanjutkan artikel kali ini, kami coba jelaskan tentang kebiasaan orang mengkonsumsi bawang goreng di Indonesia khususnya di Kabupaten Bandung.

Sudah sejak lama, masyarakat Indonesia menjadikan bawang goreng sebagai penambah selera ketika sedang makan selain dengan lauk pauk. Apalagi menu makan yang dinikmatinya adalah makanan berkuah semisal; sop, soto atau bakso.

Tetapi tidak menutup kemungkinan bawang goreng pun cocok dan mampu menambah selera makan seseorang ketika dijadikan toping makanan tidak berkuah, sebut saja lotek, nasi goreng, mie goreng hingga gado-gado.

Nah, artikel Segudang Prestasi Diraih BangJeri ini erat sekali hubungannya dengan bawang goreng. Karena Bang Jeri adalah produk UKM kabupaten Bandung akronim dari Bawang Goreng jeung Teri - itu bahasa Sunda yang berarti bawang goreng dengan (ditambah) teri.

Belum lama ini Dhea pemilik dari Bang Jeri sempat berbincang-bincang dengan penulis, kami cerita berbagai hal sampai akhirnya penulis mendapatkan cerita inspiratif tentang pengalaman bisnis yang dibangunnya.

Awalnya nama brand produk dengan bahan olahan bawang merah (Allium Ascalonicum L) ini Bang Jali. Akan tetapi nama tersebut diprotes oleh anak-anak teh Dhea, "Jangan Bang Jali. Tapi BangJeri kan kita jualannya bawang goreng dengan teri?"

Semenjak diingatkan oleh anak-anaknya di rumah seperti itu, Dedeh Kurniasih - nama lengkap teh Dhea - meresmikan penamaan Bang Jeri pada setiap kemasan bawang goreng yang diproduksinya.

Secara pribadi teh Dhea tidak suka sama sekali dengan bawang merah karena aromanya. Dari perasaan tidak suka ini malah memunculkan ide, "Bagaimana caranya saya (Dhea-red) agar berbalik menjadi suka dengan bawang?"

Kemudian teh Dhea mulai bereksperimen dengan mengolah bawang merah dicampur dengan terasi, rebon serta teri.

"Waktu itu 2015, produk saya yang pertama diberi merek Bang Jali. Tapi atas saran keluarga, diubah menjadi Bang Jeri yang artinya, 'bawang goreng jeung teri'," kenang teh Dhea kepada UKM Bandung.

Tidak lama sejak memproduksi bawang goreng jeung teri alias Bang Jeri, teh Dhea mengambil langkah inisiatif datang ke dinas koperasi dan UKM kabupaten Bandung (sekarang dikenal dengan Disperin).

Lewat Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bandung, Bang Jeri banyak dibantu beberapa hal terkait sertifikasi halal dan ijin Dinkes PIRT hingga pelatihan membuat kemasan. Bantuan dari dinas semakin lengkap saja dengan diikutsertakannya Bang Jeri ke berbagai event bazzar serta pameran.

Kemasan terbaru dari BangJeri
Kemasan terbaru dari BangJeri 

Segudang Prestasi Diraih Bang Jeri






Dari event pameran dan bazzar inilah Bang Jeri mulai dikenal hingga banyak tawaran masuk dari pemerintah baik daerah hingga nasional. Waktu ditanya, "Momentum apa yang tidak terlupakan ketika mengelola Bang Jeri?"

"Saat diikutsertakan pada pameran food ethnic di Cihampelas Walk, itu saya bahagia sekali," ucap teh Dhea penuh semangat.

"BangJeri mendapatkan banyak penggemar, tidak saja penikmat lokal bahkan dari mancanegara," tambahnya.

Sejak ikut Exibhition Food Ethnic di Ciwalk tersebut, BangJeri diundang guna mengikuti ajang bergengsi untuk pelaku UKM tingkat nasional. Teh Dhea mengaku dirinya tidak serta merta mengiyakan undangan tersebut.

"Terus terang saya tidak percaya diri karena saya kan masih UKM baru, produknya pun hanya bawang dan teri ...saya sempat abaikan," kenang teh Dhea mengajak penulis ke masa lalu.

"Tetapi dukungan terus datang sampai pada akhirnya saya tiba-tiba dapat telepon dari kementrian perdagangan untuk mengirimkan sample produk dan mengisi formulir pendaftaran dengan harapan saya bisa mengikuti ajang itu," imbuh Dhea.

Rasa ketidak pedean yang mengikuti teh Dhea dengan BangJeri tersebut mendapatkan penguatan langsung dari kementerian sehingga BangJeri pun akhirnya diikutsertakan pada ajang penilaian UKM terbaik tingkat nasional tersebut.

Segudang Prestasi Diraih BangJeri

Dari keikutsertaan lomba tersebut membawa kabar baik dengan menyebutkan BangJeri menjadi salah satu pemenang Pangan Award tingkat Nasional untuk kategori Bumbu.

"Saya tidak percaya dan hanya bisa bengong... Tapi dengan menunjukan bukti, akhirnya saya percaya kalo itu BangJeri yang menang, takterasa menetes airmata...haru, bahagia, bercampur aduk...," tambah Dhea.

Kemenangan di Pangan Award ini terjadi pada 2016, setelah itu BangJeri diundang oleh pemerintah Kabupaten Bandung dan memberikan kabar baik dengan diserahkannya piagam penghargaan Sabilulungan Award.

"Saya mendapatkan hadiah umroh... Alhamdulillah...," ujar teh Dhea.

Teh Dhea (paling kanan) saat melaksanakan umroh
Saat ini BangJeri hanya memperkerjakan tiga orang karyawan itupun tenaga kerja lepas. Dan hingga hari ini, produk BangJeri sudah bisa ditemukan di beberapa outlet ternama di Bandung, seperti;
  • Bandung Kunafe Pasteur, 
  • Evieta Klappetart Dago, Riau dan Buahbatu,
  • Pia Kawitan Ciwidey
  • Trans Studio Mall Gatsu
  • Transmart Soreang 
  • Indomaret (Kopo Elok, Bihbul, Sayati, TKI 3, Kutawaringin, Cipatik, Alfathu, Pamekaran, Gading Tutuka dan Soreang Indah)
  • Reseller online dan offline.
Saat ditanya target di 2019, teh Dhea menegaskan bahwa BangJeri akan terus menambah outlet seperti adanya rencana menambah 15 (lima belas) gerai Indomaret di bulan Januari. 

"Semua dilakukan melalui bekerja dengan fokus, penuh perjuangan karena selalu ada saja cibiran, cemoohan," ungkap teh Dhea.

Tetapi teh Dhea pun tidak melupakan sambutan hangat dari orang-orang yang sudah menerima kehadiran produk BangJeri terutama dari pihak pemerintah Kabupaten Bandung.

Sabilulungan Award untuk BangJeri Pemenang Kategori Penggerak Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Bandung
Sabilulungan Award untuk BangJeri Pemenang Kategori Penggerak Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Bandung
"Pemerintah setempat mulai dari kepala daerah, pak Bupati, Disperin, Diskop UKM, Dinas Kesehatan, Dinas pertanian, dan dinas-dinas terkait lainnya.Mereka sangat membatu dalam membesarkan Bangjeri," ucap teh Dhea menutup perbincangan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.