28.12.18

Target e-Commerce Indonesia di 2020 : Nilai Transaksi Sebesar US$130 Milyar

Begitu banyak e-Commerce di Indonesia, setidaknya tabel berikut bisa memberikan penjelasan dengan baik bagi pembaca yang ingin mengetahui ada berapa jumlahnya.

Sedikitnya ada 45 e-commerce hadir menyemarakkan lalu lintas di dunia maya terkait transaksi jual beli online. Dan tentunya jumlah ini akan terus bertambah dari waktu ke waktu. Oleh sebab itulah ada wacana dari pemerintah tentang Target e-Commerce Indonesia di 2020 : Nilai Transaksi Sebesar US$130 Milyar.

adetruna memegang produk cemilan ukm kabupaten bandung kerupuk baksus Ceu M'pot
Adetruna memperlihatkan produk UKM Kabupaten Bandung: Kerupuk Bakso Usus: Ceu M'pot


Data yang tertera pada tabel di atas merupakan data yang berhasil dirangkum per Oktober 2018. Itu semua  - menurut iPrice - bisa disebut sebagai peta E-commerce Indonesia berdasarkan jumlah rata-rata pengunjung website di setiap kuartal, ranking aplikasi, pengikut media sosial, dan jumlah karyawan.

Mengurutkan pemain besar e-commerce tersebut mampu memberikan informasi dengan jelas arah bisnis online sehingga bisa menjadi salah satu tolok ukur pemerintah dalam membuat Target e-Commerce Indonesia di 2020 : Nilai Transaksi Sebesar US$130 Milyar.

Khususnya bagi UKM di Jawa Barat, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia pada sebuah kesempatan pernah mengajak untuk memulai bisnis yang sudah dijalankan ke ranah digital. Caranya dengan memanfaatkan e-commerce yang saat ini banyak sekali pilihannya.

Pengguna internet semakin meningkat, hampir 70% penduduk Indonesia hari ini menggunakan internet untuk memenuhi kebutuhannya. Berdasarkan data dari consumer barometer disebutkan pencari hiburan musik menempati posisi nomor pertama yang banyak dicari oleh warganet sedangkan warganet yang berbelanja online berada di posisi ke-2.

Di sinilah peluang yang bisa diambil celahnya oleh pelaku UKM khususnya di Jawa Barat sehingga bisa sama-sama dengan pemerintah menargetkan nilai transaksi e-commerce di 2020 yang angkanya lumayan besar, yaitu US$130 Milyar - pembaca, kita tidak perlu muluk-muluk, 1% saja produk kita dikenal maka untuk urusan brand awareness kita sudah mencapainya.

adetruna memegang produk cemilan ukm kabupaten bandung kacang bawang gumiwang
Adetruna sedang menunjukkan produk UKM Kabupaten Bandung: Kacang Bawang Gumiwang


Berdasarkan data yang diolah oleh pemerintah, hari ini sudah ada sekitar 132 juta pengguna internet. Penetrasinya terus diimbangi dengan e-commerce yang terus bermunculan memenuhi kebutuhan masyarakat. Nah, jika pelaku UKM tidak mengambil peluang emas ini, kapan akan dikenal oleh masyarakat internet?