Header Ads

Program Penggerak Bukalapak 2019 Jawa Barat

Sudah hampir satu tahun program Penggerak Bukalapak hadir di Bandung sepanjang 2018. Sudah bergabung sekitar 50 ribu Kawan Pelapak (sebutan bagi mereka yang berminat dibantu oleh petugas) sejak Februari hingga Desember tahun lalu.

Kawan Pelapak (selanjutnya disingkat KP) tersebut memiliki kategori bisnis yang berbeda-beda, mulai dari fesyen, gaya hidup, teknologi, kuliner, cendera mata, hobi dan koleksi. Begitu pula dengan skala bisnisnya, KP yang sudah bergabung ini terdiri dari pebisnis kelas kecil, sedang dan besar.

Petugas Bukalapak atau Merchant Army (selanjutnya disingkat MA) khususnya yang terdapat di Jawa Barat dinilai berhasil membawa program yang kini lazim disebut dengan Penggerak Bukalapak. Karena itulah Bukalapak merasa perlu untuk melanjutkan kegiatan ini di 2019.

Pada tahun ini (2019) Bukalapak kembali menugasi semua MA membantu para pebisnis agar memahami metode pembayaran digital. Di era teknologi sekarang, sebagian masyarakat beraktifitas dan berusaha untuk cashless atau e-money.

Cashless secara harfiah memiliki arti penggunaan uang non tunai mengacu pada penggunaan bentuk pembayaran digital. Bukan uang tunai ini digunakan untuk pembayaran berbagai biaya atau transaksi yang dilakukan oleh perorangan.

Artinya, kini sudah lazim dan jamak dilakukan oleh sebagian masyarakat Jawa Barat - beberapa kalangan mulai terbiasa tidak membawa uang tunai di dompetnya walaupun kebutuhan tetap ada dan harus memenuhinya.

Untuk Bukalapak sendiri, bicara cashless maka bicara Buka Dompet. Definisi dari buka dompet yaitu; unit layanan uang elektronik alias e-money yang dimiliki oleh Kawan Pelapak. Fungsi utama Buka Dompet yaitu menjadi alat metode pembayaran yang lebih praktis dan mempercepat proses refund.

Fitur-QR-Code-Bayar-aja-di-Bukalapak


Untuk proses transaksinya menggunakan pemindai atau QR COde Scanner atau Bukalapak menyebutnya dengan istilah fitur Kode QR (Quick Response). Prakteknya, Kawan Pelapak akan diberi QR Code untuk di-scan oleh pembeli saat akan melakukan pembayaran.

Pembeli tidak mengeluarkan uang fisik namun harus dipastikan memiliki sejumlah e-money di Buka Dompet. Setelah barcode berhasil dipindai, maka Pelapak mendapat barang yang dibeli sekaligus proses pembayaran.

Sebagai contoh, ada seorang ibu rumah tangga datang ke toko Anda dan ketika hendak membayar ibu tersebut berniat membayar dengan uang yang dia miliki di Buka Dompet karena dia tidak ada uang fisik yang cukup di sakunya (cashless). Dan toko Anda sudah siap dengan sistem pembayaran digital berupa QR Code Bukalapak sehingga tidak ada masalah, transaksipun dengan mudah dilakukan.

Seorang-Ibu-Membayar-Belanjaan-dengan-e-money-di-Buka-Dompet


Dari fenomena cashless inilah Bukalapak pun berusaha menyesuaikan diri di tengah-tengah masyarakat. Dan menjadi salah satu topik penting untuk dibawa petugas saat berada di lapangan dan mensosialisasikannya saat berhadapan dengan pelaku bisnis sebagai calon Kawan Pelapak.

Fitur lain yang tidak kalah menarik dari Bukalapak yaitu Pick Up Service atau Ambil Sendiri (pembeli menentukan produk yang diinginkannya lalu diambilnya sendiri). Fitur ini bisa menjadi solusi ketika produk yang dijual adalah produk dengan ukuran besar. Mengingat, produk ukuran besar bila menggunakan ekspedisi reguler akan berbiaya besar pula.

Melansir dari halaman resminya, Bukalapak menyebutkan Pick Up Service atau Ambil Sendiri merupakan cara pembeli membeli barang secara daring di Bukalapak lalu pembelinya yang mengambil barang ke lokasi pelapak.

Hal ini menguntungkan bagi Kawan Pelapak sebagai penjual sebab layanan ini semakin mempermudah pengiriman barang terutama produk pecah belah, memiliki harga yang cukup mahal. Pembeli langsung menerima barang yang dijemputnya dan dilakukan verifikasi kemudian pemeriksaan langsung kondisi barangnya sendiri.

Untuk lebih detil, pembaca UKM Bandung bisa langsung menuju halaman Bukalapak di sini.

Kesimpulannya, ada dua fitur utama yang sekarang menjadi bekal bagi Penggerak Bukalapak sebagai materi edukasi saat terjun di masyarakat, yaitu fitur QR Code untuk cara pembayaran cashless atau e-money dan Pick Up Service.

Program Penggerak Bukalapak 2019 Jawa Barat


Itulah dua materi yang akan disosialisasikan oleh petugas saat menjalankan Program Penggerak Bukalapak 2019 Jawa Barat.

6 komentar:

  1. Waw... keren... semangat menjadi unicorn number one di Indonesia Bukalapak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, makasiii.. Bukalapak emang keren :D

      Hapus
  2. Buka Dompet bikin belanja jd simple yaaaa....Trus Pick Up Service jg lebih menjamin kondisi barang yang dibeli yaaa krn bisa cek langsung, memperkecil kemungkinan retur barang yg cacat. 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, uang gak kececer baik utk pembeli atau penjual. Belanja pun gakusah terburu-buru jadinya ...

      Hapus
  3. Semoga makin banyak kawan2 UKM yang terbantu dengan adanya program2 keren dari BukaLapak ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ... Yuk ajak2 pelaku UKM lain yang berminat :)

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.