Header Ads

Agenda Pemprov Jabar untuk Memperingati Hari Konsumen Nasional (Harkonas)

Hari ini, 20 Maret 2019 di Gedung Sate telah digelar acara yang sudah menjadi Agenda Pemprov Jabar untuk Memperingati Hari Konsumen Nasional (Harkonas).

Rekan kami sudah berada di lokasi yaitu di halaman lapangan Gasibu tepatnya, guna menyaksikan secara langsung acara tersebut. Perlu diketahui Hari Konsumen Nasional ini sudah ditetapkan dalam Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2012.

Kegiatan peringatan Harkonas 2019 digelar hasil kerjasama antara Kementerian Perdagangan dengan Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) serta Pemerintah Provinsi Jawa Barat.


Agenda Pemprov Jabar untuk Memperingati Hari Konsumen Nasional (Harkonas)

Yang menjadi agenda pada peringatan Harkonas 2019 antara lain; 
  • Pemberian penghargaan Pemerintah Daerah Provinsi Terbaik Peduli Konsumen, 
  • Peresmian 250 Kantor Unit Metrologi Legal (UML), 
  • Peresmian 500 pasar yang telah direvitalisasi Kementerian Perdagangan, dan peluncuran program Kang Ujang (Tukang Juru Timbang).
Tidak ketinggalan agenda pameran pada 19 dan 20 Maret 2019 yang bertempat di Jalan
Diponegoro, Bandung, Provinsi Jawa Barat mengambil tema “Edukasi Konsumen”. 

Pameran Harkonas 2019 ini nantinya terbuka untuk umum dan diikuti Instansi Pemerintah, BUMN/ BUMD, Lembaga Perlindungan Konsumen, Perusahaan Telekomunikasi, Pelaku Usaha Perbankan, Perusahaan Transportasi, Pelaku Usaha Ritel, Niaga Elektronik, Perusahaan Jasa Periklanan dan lain-lain. 

Peringatan Harkonas 2019 mengusung tema, Saatnya Konsumen Indonesia Berdaya yang menurut agenda akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo. Pemerintah pada peringatan Harkonas 2019 tetap berusaha memberikan dorongan kepada masyarakat sebagai konsumen guna meningkatkan keberdayaannya.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito, Menteri Perdagangan RI., menegaskan bahwa, "Konsumen tidak hanya mampu memahami hak dan kewajiban sebagai konsumen, namun bisa menjadi konsumen yang kritis dan berani menyampaikan pendapat."

Pemerintah berharap pada Agenda Pemprov Jabar untuk Memperingati Hari Konsumen Nasional (Harkonas) bisa dijadikan sebuah momentum yang tepat sebagai pengingat untuk peningkatan perlindungan konsumen di Indonesia.

Pemerintah pun berusaha memposisikan diri sebagai pelindung konsumen sehingga masyarakat memiliki rasa percaya diri dalam bertransaksi bersifat. Percaya diri adalah pondasi utama untuk kesehatan ekonomi suatu bangsa.



"Keadaan percaya diri saat bertransaksi tersebut akan membangun dinamika pasar dan daya beli konsumen yang efektif, sehingga terbangun pertumbuhan ekonomi nasional berkualitas," tutup Mendag.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.