Header Ads

BukaGlobal Memberikan Kesempatan Bagi UKM Indonesia untuk Promosi Ekspor

BukaGlobal Memberikan Kesempatan Bagi UKM Indonesia untuk Promosi Ekspor - Sekarang Bukalapak dengan resmi menyandang predikat sebagai e-commerce Indonesia pembuka akses bagi pelaku UKM untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing dalam bisnis.

Langkah inovatif ini dinamakan dengan BukaGlobal yang sudah diluncurkan secara resmi. Peluncurannya bertempat di KBRI Singapura - seperti yang diungkapkan oleh Berlianto Situngkir selaku Minister Counsellor Kedutaan Besar RI di Singapura.

Rencananya BukaGlobal akan menghubungkan sekira 4 juta pelapak Indonesia dengan konsumen di pasar global termasuk diaspora Indonesia di luar negeri. Target dari BukaGlobal tidak hanya Singapura - segera menyusul pasar lain dari BukaGlobal seperti; Brunei Darussalam, Malaysia, Taiwan, Hongkong dan negara lainnya.

BukaGlobal Memberikan Kesempatan Bagi UKM Indonesia untuk Promosi Ekspor

BukaGlobal Memberikan Kesempatan Bagi UKM Indonesia untuk Promosi Ekspor

Sebagai unit perusahaan teknologi, Bukalapak melihat celah yang perlu sekali untuk dibidik, yaitu adanya potensi ekspor yang bisa digarap oleh pengusaha kecil menengah di Indonesia. BukaGlobal merasa yakin dengan dasar adanya kontribusi dari para UKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) 2018 sekira 60% dan angka tersebut akan terus bertambah di 2019.

Inisiatif Bukalapak dengan BukaGlobal ini disambut baik oleh Pemerintah khususnya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Rudiantara selaku Menkominfo menegaskan bahwa kolaborasi BukaGlobal dengan para UKM tidak hanya bertujuan akhir pada memajukan usaha kecil dan menengah melainkan Indonesia mampu mengungguli pertumbuhan ekonomi digital di Asia Tenggara.

Potensi pertumbuhan ekonomi digital di Asia Tenggara sebesar $130 miliar di tahun depan, karena itu pemerintah menyatakan siap menjadi fasilitator dan akselator untuk pengembangan ekonomi digital tersebut.

Pemerintah memiliki target di akhir 2019 sebanyak 8 juta UKM dapat bertransformasi dari pengusaha kecil dan menengah menjadi perusahaan yang berkembang dengan memanfaatkan aplikasi teknologi digital. BukaGlobal diharapkan mampu menjalankan misinya dan menjadi salah satu strategi dalam menghadapi pesatnya pertumbuhan ekonomi kelas menengah di Asia Tenggara - yang menurut perkiraan akan ada sebanyak 350 juta orang pada 2020.

Tidak hanya menginisiasi dengan ketersediaan akses ke pasar (demand) dengan menghubungkan pelaku usaha kecil dan menengah di luar negeri, BukaGlobal pun membangun ekosistem logistik dengan bekerjasama dengan mitra terpercaya guna memberikan pelayanan cepat dan berkualitas.

Fitur BukaGlobal sudah bisa diakses oleh calon konsumen yang berdomisili di Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, Taiwan dan Hongkong sejak 20 Mei 2019. Apabila semua rencana dari inisiatif ini berhasil maka BukaGlobal sesuai dengan program yang sudah dicanangkan sejak 9 tahun lalu di awal berdirinya Bukalapak. 

Pendiri dan Presiden Bukalapak, Fajrin Rasyid meyakinkan bahwa Fitur BukaGlobal mudah diaplikasikan dan untuk mempelajari tinggal masuk ke Blog yang mengulas BukaGlobal di website Bukalapak. Dan hari ini BukaGlobal melayani pengiriman barang mulai dari 0,5 kg dengan ongkos kirim yang bervariasi dengan estimasi sampai 6 hingga 11 hari sesuai dengan tujuan tempat konsumen.

Video tentang BukaGlobal

---
Sumber: https://www.antaranews.com/berita/878954/promosi-ekspor-produk-ukm-indonesia-melalui-bukaglobal

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.