Header Ads

Inilah Daftar Pelaku UKM di Sumedang

Sumedang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat serta memiliki batas wilayah langsung dengan ibu kota provinsi, Bandung. Kota ini pun memiliki jalur utama pelintasan dari Bandung ke Cirebon.

Perlu pembaca ketahui pula bahwa Bagian Barat Daya wilayah Kabupaten Sumedang adalah kawasan perkembangan dari kota Bandung. Berikut profil singkat tentang Kabupaten Sumedang:
  • Luas daerah‎: ‎1.522.21 km²
  • Jumlah kecamatan‎: ‎26
  • Bahasa yang dipakai masyarakat‎: ‎Sunda, Indonesia
  • Kepadatan penduduk: ‎2.130 jiwa/km²

Inilah Daftar Pelaku UKM di Sumedang


Belum lama ini penulis memenuhi undangan dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah Perdagangan dan Perindustrian Pemerintah Kabupaten Sumedang untuk mengisi Pelatihan e-Commerce bagi Pengurus Koperasi Program Peningkatan Kapasitas dan UKM yang disingkat PK2UKM - artikelnya silakan baca di sini.

Pelatihan guna meningkatkan kapasitas dari pengelola koperasi dan pelaku UKM di Sumedang ini mengambil tempat di Hotel Amory. Berlangsung selama 3 (tiga) hari, penulis mengisi di hari ke-2 (Rabu 26 Juni 2019) dari siang hingga malam hari.

Materi yang diajarkan pada pelatihan waktu itu adalah Google My Business dan Pengenalan e-Commerce Kios Agro. Dengan diikuti oleh lebih dari 40 orang, kegiatan pelatihan berisi teori dan praktek. Dengan antusias, peserta yang terdiri dari pelaku UKM Sumedang dan pengurus Koperasi Sumedang ini sebagian berhasil menuntaskan pelatihan. Terbukti dengan tayangnya website dan berhasil terindeks di mesin pencarian Google.

Inilah daftar pelaku UKM Sumedang yang sekarang telah tayang website-nya:
  • Rasuna Puff Pastry fokus mengelola bisnis roti - klik di sini.
  • Payu Chips Snack fokus mengelola bisnis cemilan atau makanan ringan - klik di sini
  • Noola Cookie Brownies Mocaf fokus mengelola bisnis brownies - klik di sini.
  • Irma Hijab fokus mengelola bisnis bidang fashion - klik di sini.
  • pcp Regiment HB air rifle fokus mengelola bisnis senapan angin moderen - klik di sini.
Dan masih banyak lagi yang berhasil dibuat oleh peserta saat mengikuti pelatihan waktu itu. Salah satu peserta pelatihan memposting perkembangan usahanya menggunakan Google My Business di Instagram belum lama ini. Inti dari postingannya merasa senang bisa memasarkan produknya sehingga bisa dikenal oleh masyarakat luas.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.