Header Ads

Inilah Manfaat Media Sosial Bagi Pelaku UKM Bandung

Inilah Manfaat Media Sosial Bagi Pelaku UKM Bandung - Ya tentunya tidak bagi pelaku UKM Bandung saja, Media Sosial bisa dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk perkembangan bisnis UKM Anda di mana saja berada.

Berdasarkan data yang disusun oleh Hootsuite - unit layanan manajemen konten yang memberikan layanan media daring dengan menghubungkan antara satu media sosial dengan jejaring media sosial lainnya -sejak Januari 2019, menyebutkan:
  • Jumlah keseluruhan pengguna aktif media sosial berjumlah 150 juta sama dengan 56% dari total populasi penduduk Indonesia.
  • Jumlah pengguna media sosial aktif melalui gawai seperti ponsel pintar berjumlah 130 juta atau sama dengan 48% dari jumlah keseluruhan populasi penduduk Indonesia.
Data Pengguna Media Sosial per Januari 2019 di Indonesia

Dari data yang tersaji di atas - semua dikumpulkan berdasarkan pengguna aktif media sosial yang menggunakan berbagai platform arus utama, seperti; Facebook, YouTube, Twitter hingga Instagram termasuk sarana percakapan - seperti; Whatsapp, Telegram, LINE dan lain-lain.

Peringkat teratas platform yang paling banyak digunakan oleh penduduk Indonesia adalah YouTube, tidak mengherankan hari ini siapa pun yang ingin populer baik pribadi atau komunitas bisa menggunakan YouTube, tidak terkecuali pelaku UKM Bandung. Perhatikan infografik berikut ini.

Platform Media Sosial yang paling banyak digunakan oleh penduduk Indonesia untuk berbagai kepentingan

Inilah Manfaat Media Sosial Bagi Pelaku UKM Bandung

88% masyarakat Indonesia menggunakan YouTube sebagai Platform Media Sosial yang paling banyak digunakan untuk berbagai kepentingan. Untuk mencari popularitas kita tahu hari ini banyak yang menjadi content creator alias pencipta konten audio visual untuk kemudian ditayangkan di YouTube.  

Anda pun memiliki peluang yang sama, pelaku UKM Bandung bisa menyalurkan hobi atau sengaja belajar menjadi pembuat konten. Anda bisa mengunggah video hasil kreasinya di akun YouTube yang sudah dibuat.

Ada banyak peluang bisnis yang bisa didapatkan ketika kita bisa membangun branding diri atau bisnis yang kita kelola dengan menjadi Youtuber, termasuk mendapatkan uang dari konten itu sendiri.

Pilihan lain yang bisa diambil oleh pelaku UKM Bandung ketika ingin memanfaatkan media sosial sebagai alat marketing yaitu Instagram. Apa pasal? Ya, seperti kita ketahui bersama, aplikasi yang berbasis audio-visual dan mampu menyertakan lokasi dengan baik ini mudah sekali digunakan oleh pengguna awam sekalipun.

Pelaku UKM Bandung hanya tinggal menggunakannya secara benar, seperti; pengambilan foto, video, penggunaan filter bahkan hari ini pengguna Instagram bisa menggunakan IGTV. Sehingga rencana memasarkan produk akan semakin dimudahkan dengan cukup memanfaatkan Instagram.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.