Header Ads

Mendoan Soak Mendoan Unik dari Indramayu

"Mendoan Soak dijamin edan" itu slogan yang menjadi oleh-oleh saat saya berkunjung ke Indramayu beberapa waktu yang lalu (Jumat, 27/9). Waktu itu penulis ada agenda mengisi Pelatihan di Hotel Wiwi Perkasa 2 memenuhi undangan dari Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagin) Kabupaten Indramayu (BACA: Google My Business Bagi Akun Kios Agro Anda).

Hingga tulisan ini tayang, saya masih terngiang-ngiang dengan jargon mendoan soak dijamin edan. Terkesan spontan dan tidak banyak basa basi namun cukup bombastis. Dan rupanya, kata, "Soak" yang terdapat dalam slogan tersebut adalah akronim.

Soak itu kependekkan untuk baso iwak alias bakso ikan - olahan makanan yang dikombinasi dengan mendoan oleh Kang Ucup - si pemilik dan penggagas produk tersebut. Pernah suatu ketika - usai dari pelatihan saya pun kembali ke tempat pak Retno karena motor kami diparkir di rumah beliau - saya diajak untuk testimonial rasa dari mendoan a la Ucup ini.

Ternyata selain inovasi Mendoan Bakso Iwak, kreasi lain dari mendoan yang juga diproduksi adalah mendoan gulung. Kalau biasanya mendoan yang umum dijumpai adalah datar atau lempengan.

"Mendoan menjadi spesial karena mendoan ini digulung," tegas Ucup seraya menyerahkan bungkusan agar saya cicipi.

"Sengaja saya buat mendoan yang besar lalu saya gulung. Dan isinya adalah telor," sambung Ucup pemuda kreatif dari desa Kenanga, Indramayu.

Menurut informasi,selain mendoan gulung telor, ada juga mendoan gulung daging dan tentunya varian bakso iwak.

Mendoan yang disebutkan di atas memang agak sulit atau belum ditemukan cara agar bisa juga dijual secara online. Namun, Ucups Mendoan - begitu dirinya membranding diri - berusaha pula menciptakan mendoan kering dan sangat memungkinkan untuk dijual secara online.

Untuk itu Ucup memproduksi sebuah cemilan makanan kering (snack) yang diberi nama, "Mendoan Chip's". Dari Rumah Produksi Kenanga Mandiri, lewat sosial media Facebook - saya mendapati bahwa Kang Ucup memberitakan mengenai produknya yang telah memiliki kemasan yang baik dan layak untuk dipasarkan online, yaitu Mendoan Chip's.

Mendoan seperti semua orang tahu bahwa makanan berbahan dasar tempe ini diakui lezat dan bergizi. Disajikan panas-panas, mendoan biasanya dipotong iris tipis dengan balutan tepung. Ucups Mendoan memodifikasi jajanan pasar ini menjadi mendoan telor, daging, sosis dan keju.

Mendoan Soak Mendoan Unik dari Indramayu
Mendoan Soak Mendoan Unik dari Indramayu
"Kami bisa ditemui di bilangan jalan Jenderal Sudirman - persis depan DPRD Indramayu," tegas Ucup saat ditanya lokasi berjualannya.

"Atau di jalan Kembar tepat di depan PDAM Indramayu," tambahnya.
   

Mendoan Chip's : Produk Kreatif dari Rumah Produksi Kenanga Mandiri

Mendoan Chip's merupakan salah satu kreatifitas wirausaha muda yang tergabung bersama-sama dengan pelaku UKM Indramayu lainnya di desa Kenanga. Selain Mendoan Chip's, produk unggulan lain yang tergabung dan menghasilkan produk cemilan yang bagus di Indramayu di bawah binaan Rumah Produksi Kenanga Mandiri, antara lain: Keripik Kulpi, Keripik Usus, Jambal Roti dan masih banyak lagi yang lain yang takkalah menarik dan enak untuk disantap di tengah tengah keluarga.

Mendoan Chips : Produk Kreatif dari Rumah Produksi Kenanga Mandiri


Bagi saya senang sekali merasakan pengalaman pertama menikmati mendoan gulung. Inovasi yang sangat baik dari seorang pemuda kreatif Indramayu, Kang Ucups Mendoan. Sukses selalu ya kang?!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.