Header Ads

Stimlog Lakukan Edukasi 3R dan e-Commerce Bagi Pelaku UKM Desa Rancamanyar

Bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, belum lama ini telah dilaksanakan Edukasi 3R dan e-Commerce Bagi Pelaku UKM Desa Rancamanyar (Senin, 28/10). Penyelenggaraannya dilaksanakan di Kantor Desa Rancamanyar dan merupakan acara Kuliah Kerja Nyata yang pertama bagi Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia (Stimlog).

Seperti kita ketahui bersama, 3R adalah kependekan untuk Reuse, Reduce, dan Recycle - sebuah upaya manusia dalam mengelola lingkungan terutama pengelolaan sampah. Melalui pendekatan isu 3R ini Stimlog mencoba berperan nyata dengan hadir di desa Rancamanyar atau mereka menyebutnya dengan istilah program kuliah kerja nyata (KKN) tematik Citarum Harum.

Melansir pemberitaan dari Galamedianews, mahasiswa Stimlog dipandu langsung oleh TNI dari Sektor 7 Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum melakukan penanaman 100 pohon mahoni di bantaran Sungai Citarum. Kegiatan tersebut semakin menambah jumlah pohon yang sebelumnya telah ditanam hampir 8.000 pohon.

Di siang harinya, mahasiswa membagikan santunan berupa sembako kepada warga desa Rancamanyar yang membutuhkan. Lalu disambung dengan melaksanakan pelatihan e-commerce para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan target utama agar bisa bersaing dalam mengelola usahanya di ranah online.

Stimlog Lakukan Edukasi 3R dan e-Commerce Bagi Pelaku UKM Desa Rancamanyar
Stimlog Lakukan Edukasi 3R dan e-Commerce Bagi Pelaku UKM Desa Rancamanyar [foto; Fajar Hidayat]

Pada sesi pelatihan e-commerce, Stimlog mengundang Fasilitator atau Pendamping UKM Jawa Barat, Ade Truna. Dalam paparannya, Kang Ade (panggilan akrab dari co-founder Kios Agro tersebut), memberikan penguatan kenapa hari ini harus Go Online?

Mulai dari komponen penting sebagai alat saat melakukan pemasaran online, pemanfaatan Youtube, peran penting Google My Business, potensi besar dari mesin pencarian Google sebagai sarana branding dari produk atau jasa yang dikelola termasuk memperkenalkan marketplace Kios Agro sebagai tempat berjualan produk hasil olahan dari agro dan agri.

Dengan dibantu beberapa mahasiswa Stimlog, Edukasi 3R dan e-Commerce Bagi Pelaku UKM Desa Rancamanyar semakin lengkap dengan langsung praktek memaksimalkan cara branding dan jualan online.

foto: Fajar Hidayat

foto: Fajar Hidayat

foto: Fajar Hidayat
Selalu ada UKM Punya Cerita di setiap pelaksanaan pelatihan, seperti yang sudah terjadi kemarin. Lagi-lagi siapapun kita tidak bisa menilai seseorang itu gagap teknologi (gadget savvy) dari, "tampilan luar"nya saja. Terbukti, Ibu Imas pengelola produk makanan Sumpia -salah satu peserta pelatihan menjadi yang tercepat dalam pembuatan Google My Business (Cek bisnisnya di sini).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.