Header Ads

Trik Jitu Daftar Google My Business Agar Cepat Terverifikasi

Sebelum melanjutkan artikel tentang Trik Jitu Daftar Google My Business Agar Cepat Terverifikasi, ada baiknya kita sedikit mengulas kembali tentang Google My Business (selanjutnya disingkat dengan GMB) itu sendiri, Apa?

GMB merupakan sajian gratis guna mempromosikan Profil Bisnis serta situs bisnis Anda di mesin Pencarian Google termasuk di Google Maps. Dengan memiliki GMB, seseorang mampu mengetahui serta menjangkau pelanggan. Bahkan hari ini tersedia fitur terbaru yang memungkinkan penggunanya untuk memposting perkembangan bisnis. Dan di dalam Profil Bisnis penggunanya dapat melihat cara pelanggan berinteraksi dengan bisnis Anda di Google.

Apa itu Profil Bisnis? 

Profil Bisnis merupakan identitas brand yang penggunanya coba usung di pencarian Google. Dan untuk mendapatkannya bisa diperoleh secara gratis. Dengan adanya Profil Bisnis, penggunanya dibantu menampilkan bisnis yang tengah dikelola pada saat orang-orang membutuhkan.

Biasanya, calon pelanggan akan melakukan penelusuran terkait bisnis Anda baik itu jasa atau produk lewat Penelusuran dan Google Maps. Karena itu, pengguna GMB perlu sekali memperhatikan kelengkapan informasi di tampilan GMB.

Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika ingin menginformasikan bisnis padawaktu ditemukan oleh calon pelanggan pada GMB kita, antara lain; alamat, nomor telepon, situs serta jam buka.Termasuk foto-foto yang digarap secara profesional atau paling tidak layak ditampilkan - agar melengkapi GMB. Hal tersebut mampu membantu pelanggan menemukan dan berinteraksi dengan bisnis Anda.

Pembaca ... Anda pun supaya memastikan rajin-rajin memperbarui profil Anda dengan foto terbaru, penawaran spesial serta promosi guna memudahkan pelanggan memilih bisnis Anda.

Nah kembali pada pembahasan utama dari artikel Trik Jitu Daftar Google My Business Agar Cepat Terverifikasi - kami akan mengajak Anda mengenal Situs Bisnis Google.

Apa itu Situs Bisnis Google?

Situs bisnis Google merupakan situs profesional yang sudah disiapkan oleh GMB yang diberikan secara gratis untuk bisnis Anda. Situs ini bisa dibuat dengan waktu yang terbilang cepat. GMB sudah menyiapkan situs ini agar mampu dilakukan secara otomatis menggunakan informasi dari Profil Bisnis Anda serta akan diperbarui secara otomatis saat Anda melakukan perubahan pada profil. 

Nantinya, Anda dapat memilih berbagai tema situs yang telah disediakan. Dan semua tema dibuat agar menarik sehingga ketika kita menawarkan sesuatu bisnis kepada pelanggan dengan cepat. Ada beberapa cara bagi pelanggan pada waktu menghubungi Anda atau saat terjadi kesepakatan, antara lain; melalui panggilan telepon, pengiriman SMS dan permintaan penawaran.

Trik Jitu Daftar Google My Business Agar Cepat Terverifikasi

Baik, langsung saja kita praktekkan trik jitu ini. Pertama-tama, silakan anda masuk pada halaman ini: https://www.google.com/intl/id_id/business/website-builder/ lalu masukkan bisnis Anda pada ruang yang telah disediakan.

Trik Jitu Daftar Google My Business Agar Cepat Terverifikasi

Selanjutnya Anda akan ditanya, "Apakah lokasi bisnisnya diperlihatkan di dalam situs bisnis nantinya?" Akan ada pilihan untuk memilih ya jika berkenan dan tidak apabila tidak mau memperlihatkan tempat bisnis Anda.

Apakah lokasi bisnisnya diperlihatkan di dalam situs bisnis
Silakan pilih sesuai keinginan Anda.
Langkah selanjutnya untuk melanjutkan pembahasan dari artikel Trik Jitu Daftar Google My Business Agar Cepat Terverifikasi - perhatikan langkah berikut ini.

langkah ke-3 Trik Jitu Daftar Google My Business Agar Cepat Terverifikasi


Setelah kita memilih opsi di langkah kedua, selanjutnya Anda akan diajak menentukan target pasar dari bisnis yang tengah dijalankan dengan menyebutkannya. GMB bertanya ke wilayah mana saja Anda bersedia mengantarkan produk - jika bisnis Anda memang produk. Atau calon klien di wilayah mana saja yang akan disasar - jika bisnis Anda di bidang jasa.

Prakteknya Anda cukup menulis satu per satu di ruang yang telah disediakan dan berikut contoh menuliskan target pasar bisnis.


Langkah berikutnya, Anda akan ditanya tempat atau lokasi menjalankan bisnis - jawab saja di Indonesia.

ditanya tempat atau lokasi menjalankan bisnis - jawab saja di Indonesia.
Jawab saja di Indonesia.
Setelah menjawab Indonesia, GMB akan mengajak Anda untuk menentukan kategori bisnis. Di sini, kita tidak usah bingung ketika tidak menemukan sektor atau kategori bisnis yang paling sesuai. Anda cukup mengisi dengan kategori yang mirip atau mendekati saja. Karena kita akan diperbolehkan mengubah kategori setelah nanti terverifikasi dengan kategori yang paling tepat.

kita akan diperbolehkan mengubah kategori setelah nanti terverifikasi dengan kategori yang paling tepat.
Kita akan diperbolehkan mengubah kategori setelah nanti terverifikasi dengan kategori yang paling tepat. 
Usai menuntaskan langkah di atas, selanjutnya GMB meminta nomor telepon yang menjadi kontak ketika bisnis berjalan. Silakan Anda tulis nomor telepon yang Anda inginkan - bisa nomor telepon rumah atau kantor, bisa juga nomor ponsel.

Sebutkan salah satu nomor kontak yang menyertai bisnis anda
Sebutkan salah satu nomor kontak yang menyertai bisnis anda.
Setelah kita membubuhkan nomor kontak, langkah selanjutnya GMB akan mengajak Anda untuk melihat bentuk dari Situs sebagai profil bisnis yang diberikan secara gratis. Dalam hal ini kami mencontohkan dengan profil Kios Cemilanku Soreang.

Sampai di sini kita akan mengetahui dengan jelas tampilan dari GMB yang telah dibuat. Namun jika belum -- coba perhatikan gambar berikut, karena situs (website) belum tayang, Anda harus menayangkannya dengan cara klik Publish.

Setelah terpublikasi profil bisnis GMB Anda, maka bisa kita perhatikan beberapa komponen penting yang efektif bagi setiap orang yang memerlukan produk atau jasa yang kita tawarkan. Antara lain; Nama Bisnis (Branding), Tombol Kontak (Call) dan lain-lain.

Sekarang coba Anda kembali ke halaman depan dari Google My Business Anda. Umumnya kita akan langsung terverifikasi dengan cara ini. Dan apabila tidak berhasil, coba Anda perhatikan status GMB nya apakah sudah terverifikasi (verified) atau masih menunggu (pending verification)?

Klik Google Bisnis yang dilingkari, Anda akan diajak ke halaman depan GMB.



Jika sudah berarti Anda tinggal mengelola dari bisnis tersebut. Namun apabila belum pastikan Anda sudah mengisi formulir isian yang berisi data alamat tempat menerima kartu pos yang berisi kode verifikasi bisnis Anda.

Seperti halnya yang dialami oleh Kios Cemilanku Soreang - rupanya harus menunggu kartu pos datang ke alamat yang sudah kita berikan pada langkah sebelumnya. Dan harus menunggu selama 4 hari sejak membuat GMB.


Ketika Anda harus menunggu kartu pos saat proses verifikasi, tidak perlu kuatir karena kartu pos akan segera dikirim dalam waktu 4 hari kerja.

Itu saja sekilas informasi tentang Trik Jitu Daftar Google My Business Agar Cepat Terverifikasi. Selamat berbisnis dan sukses selalu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.