Header Ads

10 (Sepuluh) Kiat Membangun Kedai Kopi 2020

Kiat Membangun Kedai Kopi 2020 - Pernahkah anda mendengar atau menonton film Indonesia yang berjudul Filosofi Kopi? Yups, kopi memang sedang naik daun. Bahkan, pemeran utama dari film tersebut juga membuka coffee shop dengan nama yang sama dengan judul film karena melihat potensi pecinta kopi di tanah air yang luar biasa.

Jika dulu penikmat kopi identik dengan orang-orang tua, sekarang kopi menjadi idola siapa saja tak terbatas usia maupun kelas sosial. Bahkan, bagi para milenial belum disebut gaul kalau belum ngopi. Itulah mengapa, akhir-akhir ini bisnis kedai kopi atau coffee shop sedang menggeliat pesat. 

Tentunya ini menjadi peluang menjanjikan buat anda para pecinta kopi yang berencana untuk membangun kedai kopi. Anda berencana untuk memulai bisnis Kedai Kopi di tahun 2020 ini? Simak kiat-kiat membangun kedai kopi berikut ini.

[1] Membuat Business Plan Yang matang

Sebelum memulai sebuah bisnis, tak terkecuali bisnis kedai kopi hal pertama yang harus anda siapkan adalah business plan. Anda harus membuat business plan secara matang karena ini yang akan menjadi pedoman agar bisnis anda terarah. 

Di dalam business plan, anda harus menentukan tujuan membuat kedai kopi, siapa target market, kompetitor beserta keunikan atau keunggulan yang ingin anda tonjolkan. Selain itu, perlu anda tentukan juga perkiraan modal awal, keuntungan yang bakal didapatkan, langkah-langkah operasional, sistem marketing dan goal yang ingin anda capai. Anda juga perlu mencantumkan goals bisnis selama lima tahun kedepan. 

[2] Menentukan Target Market

Di dalam business plan, konsep bisnis harus disesuaikan dengan target pasar. Anda harus memperjelas target pasar anda sejak awal. Beda target market tentu saja beda konsep bisnis dan anggaran yang akan dikeluarkan. 

Jika target market anda adalah orang-orang kantoran dan kedai kopi ditujuan untuk acara meeting kantor maka desain tempatnya juga harus sesuai. Misalnya, ruangan diberikan penerangan yang baik dengan ornament kayu dan warna serba putih. 

Untuk menunya sendiri sendiri bisa diperbanyak dengan aneka makanan ringan dan beragam varian teh. Berbeda lagi jika target market anda adalah para milenial yang memiliki hobi nongkrong di kedai kopi. Anda perlu membuat desain ruangan dengan suasana yang cheerful, colorful dan instagrammable. Dan memberikan pilihan menu yang kekinian seperti beraneka ragam pastry.

[3] Menentukan Lokasi Yang Strategis

Setelah memutuskan siapa target market yang akan anda sasar, selanjutnya adalah menentukan lokasi. Dan anda perlu mempertimbangkan secara matang dalam memilih lokasi untuk kedai kopi anda. Pasalnya, seperti yang kita ketahui bersama lokasi menjadi salah faktor penentu kesuksesan sebuah bisnis. 

Pilihlah lokasi yang strategis tentunya disesuaikan dengan target market. Jika target market anda adalah milenial, maka anda bisa memilih lokasi dekat kampus atau area nongkrong anak-anak muda. Atau bisa juga memilih lokasi di area perkantoran jika target market anda adalah orang-orang kantoran. Jangan lupa, pertimbangkan juga faktor kebersihan dan keamanan lokasi yang akan anda pilih. 

[4] Memilih Supplier

Sama seperti memilih lokasi, untuk memilih supplier juga perlu disesuaikan dengan target market. Jika target market anda adalah golongan menengah ke bawah, maka anda bisa memilih supplier di pasaran. 

Berbeda jika target market anda adalah golongan menengah ke atas atau para pecinta kopi berkualitas, maka anda harus memilih supplier dengan kualitas terbaik. Selain kualitas kopi, dalam memilih supplier anda juga perlu mepertimbangkan lokasi. Carilah supplier yang lokasinya terjangkau dari kedai kopi anda agar bisa mengurangi biaya ongkos kirim.

[5] Menentukan Dekorasi Interior Dan Eksterior

Dekorasi kedai baik itu bagian interior maupun eksterior merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan bisnis kedai kopi. Khususnya jika target market anda adalah anak-anak milenial yang cenderung memilih tempat nongkrong yang instagrammable

Sehingga, anda perlu menentukan desain yang cocok agar bisa menarik banyak pelanggan dan membuat mereka betah berlama-lama nongkrong di kedai kopi anda. 

10 (Sepuluh) Kiat Membangun Kedai Kopi 2020
Ilustrasi 10 (Sepuluh) Kiat Membangun Kedai Kopi 2020 [internet]

10 (Sepuluh) Kiat Membangun Kedai Kopi 2020

[6] Menyiapkan Modal

Besarnya modal yang anda butuhkan untuk membuat sebuah kedai kopi sangat erat kaitannya dengan target market, lokasi dan desain kedai kopi. Setelah menentukan beberapa komponen tersebut, selanjutnya adalah menyiapkan modal. 

Sebagai awalan, mulailah untuk membuat kedai yang sederhana dengan konsep yang minimalis. Intinya, disesuaikan dengan kemampuan anda sambal terus berusaha untuk mengembangkan bisnis secara perlahan-lahan.

[7] Memilih Teknik Promosi Yang Kreatif

Salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis adalah teknik promosi efektif yang bisa mendongkrak popularitas kedai kopi anda. Sebagai awalan, anda bisa mengadakan grand atau soft opening dengan memberikan harga promo. 

Kemudian, daftarkan kedai kopi anda ke situs-situs kuliner atau google bisnis agar usaha anda bisa dijangkau dengan mudah oleh calon customer di dunia maya. Anda juga bisa memberikan harga promo, voucher gratis, atau give away di hari-hari tertentu. Seperti di hari kemerdekaan, hari raya, ulang tahun dan lain sebagainya. 

Ada lagi teknik promosi yang lagi hits yaitu dengan menggunakan jasa review atau endorse para food vlogger atau selebgram. Ini adalah teknik promosi yang lagi digandrungi para pebisnis. Selain itu, anda juga bisa mengadakan challenge buat para pelanggan dengan hadiah voucher gratis dengan syarat mereka harus update di sosial media dan mention akun kedai kopi anda serta mengajak beberapa temannya. 

Dan yang paling penting adalah teknik promosi word of mouth. Jika kedai kopi anda dipercaya memiliki kualitas yang bagus, maka dapat dipastikan para pelanggan anda akan merekomendasikannya ke teman-temannya. Jadi pastikan anda selalu menjaga kualitas usaha anda. 

[8] Memilih Barista Yang tepat

Peran barista menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan bisnis kedai kopi. Pasalnya, para barista lah yang menentukan cita rasa kopi yang dihasilkan. Untuk itu, anda harus memilih barista terbaik yang tidak hanya mahir dalam meracik kopi tapi juga bisa dengan mudah bersosialisasi dengan pelanggan. 

Tidak sedikit pelanggan yang kerap penasaran dengan cara barista meracik kopi yang mereka minum. Sehingga, barista dengan skill komunikasi yang baik dan ramah tentu akan lebih menarik buat para pelanggan.

[9] Mempelajari Materi Pembukuan Keuangan

Banyak bisnis yang mengalami kerugian karena pembukuan dan keuangan yang buruk. Untuk itu, sebagai owner anda juga perlu memahami pengetahuan tentang pembukuan keuangan bisnis. Anda bisa belajar dari coach bisnis, mengikuti kursus pembukuan offline yang berbayar atau online secara gratis. Yang penting, anda konsisten dan tekun dalam belajar. Dan saat bisnis anda sudah semakin berkembang, anda bisa mengalokasikan dana untuk merekrut seorang akuntan. 

[10] Memperluas Networking

Banyak pebisnis sukses yang meyakini bahwa networking menjadi salah satu kunci untuk memperbesar bisnis agar semakin dikenal banyak orang. Jangan sungkan untuk gabung di dalam komunitas yang bisa membantu mengembangkan bisnis anda. 

Misalnya dengan bergabung di komunitas pecinta kopi atau komunitas pebisnis. Dengan begitu, anda bisa selalu meng-update informasi tentang trend bisnis kopi atau belajar ilmu bisnis dari teman-teman lain se-komunitas. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.