Header Ads

10 (sepuluh) Mindset Pengusaha Sukses

Apa saja Mindset Pengusaha Sukses? Menjadi pengusaha sukses adalah dambaan setiap orang meskipun nyatanya dunia bisnis tidak seindah yang dibayangkan hampir sebagian besar orang. Banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses.

Mulai dari business plan, modal, rekan yang se-visi, dan karyawan. Namun, di luar itu semua yang paling penting adalah mindset atau pola pikir. Tak sedikit pengusaha yang menyerah di tengah jalan dan gulung tikar karena mindset yang kurang tepat.

Untuk itu, sangat penting bagi anda yang bercita-cita menjadi pengusaha untuk menanamkan mindset yang benar yaitu mindset seorang pengusaha sukses.

Definisi Mindset Pengusaha Sukses

Secara sederhana, mindset dapat didefinisikan sebagai pola pikir, cara bersikap atau reaksi seseorang terhadap suatu hal atau peristiwa yang terjadi. Sedangkan pengusaha dapat diartikan sebagai seseorang yang berani mengambil resiko untuk menjalankan sebuah bisnis baik itu bisnis dalam bentuk menjual produk ataupun jasa.

Sehingga secara keseluruhan, mindset pengusaha sukses bisa diartikan sebagai pola pikir yang berorientasi pada aktivitas yang terkait dengan penciptaan atau pengembangan sebuah bisnis dari nol hingga sukses.

Mindset pengusaha sukses menjadi kunci utama keberhasilan sebuah bisnis. Bahkan lebih penting dari skill bisnis. Saat ini, materi-materi tentang strategi bisnis bisa dengan mudah dijumpai di internet.

Dan anda sebagai pebisnis pemula sudah mencoba untuk mempraktekkan materi bisnis tersebut. Tapi mengapa bisnis yang anda jalankan masih stagnan dan terkesan jauh dari kata ‘sukses’? Salah satu alasannya mungkin karena anda belum memiliki ‘mindset pengusaha sukses’.

Apa Saja Mindset Pengusaha Sukses?

Anda bercita-cita untuk menjadi seorang pengusaha sukses? Maka anda perlu menerapkan 10 (sepuluh) Mindset Pengusaha Sukses dibawah ini.

10 (sepuluh) Mindset Pengusaha Sukses


1. Kegagalan adalah proses menuju kesuksesan

Kebanyakan orang akan menyerah atau putus asa saat mengalami kegagalan dalam sebuah bisnis. Padahal, seorang pengusaha sejati dan sukses tidak akan menyerah dalam kondisi apapun. Bagi mereka, kegagalan adalah sebuah proses menuju kesuksesan. Dan mereka justru akan menjadikan kegagalan itu sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki diri.

Dengan adanya kegagalan, mereka bisa mendapatkan kesempatan untuk menemukan cara dan strategi baru yang tepat agar kegagalan yang sama tidak terulang kembali.

2. Hambatan adalah tantangan

Orang biasa akan menjadi stress dan pesimis jika menemukan hambatan saat menjalankan sebuah bisnis. Berbeda dengan pengusaha sukses yang memandang hambatan sebagai sebuah tantangan yang harus ditaklukkan.

Bahkan, hambatan bisa menjadi trigger buat para pengusaha sukses untuk menemukan solusi yang lebih kreatif dan inovatif. Dan mereka sadar, fokus pada hambatan tidak akan menyelesaikan apapun malah justru akan membuat mereka menjadi terpuruk.

3. Kesalahan adalah hal yang biasa

Seorang pengusaha sukses bukan berarti tidak pernah membuat kesalahan. Hampir setiap orang pasti melakukan kesalahan dalam proses hidupnya. Terlebih buat para pengusaha yang merintis usahanya dari nol.

Bedanya, pengusaha sukses menjadikan kesalahan itu sebagai bahan pembelajaran sehingga tidak akan mengulangi kesalahan yang sama. Karena jika terulang kembali, itu artinya mereka tidak belajar dari kesalahan sebelumnya.

Sedangkan salah satu kunci kesuksesan adalah bisa belajar dari kesalahan dan berusaha untuk memperbaikinya.

4. Kompetitor adalah bahan pembelajaran

Banyak yang memposisikan kompetitor atau saingan sebagai sebuah ancaman besar untuk bisnis yang sedang mereka jalankan. Padahal, seorang pengusaha yang sukses justru akan menganggap saingan sebagai bahan pembelajaran.

Munculnya saingan justru memberikan kesempatan bagi anda untuk meneliti dan mempelajari lebih dalam tentang bisnis yang sedang anda jalani. Dan saingan bisa menjadi bahan perbandingan untuk mengembangkan bisnis anda agar bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya.


5. Disiplin adalah gaya hidup

Bagi kebanyakan orang, hidup disiplin adalah suatu beban dan sulit untuk dilakukan. Berbeda dengan para pengusaha sukses yang menjadikan disiplin sebagai gaya hidup sehari-hari. Pasalnya, disiplin adalah salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis.

Tanpa kedisiplinan, bisa dipastikan kalau target bisnis anda tidak akan tercapai. Sehingga, jika anda ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses, maka perlu anda biasakan untuk hidup disiplin.

6. Berdamai dengan diri sendiri

Sebelum anda memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha, pastikan jika anda sudah berdamai dengan diri sendiri. Artinya adalah berusaha untuk memaafkan diri sendiri saat melakukan kesalahan dan memahami kekurangan serta batasan dari kemampuan yang anda miliki.

Mindset pengusaha yang sukses akan selalu percaya diri, tidak meremehkan diri sendiri, atau menyesali perbuatan yang pernah dilakukan. Mereka hanya akan fokus tentang masa depan dan tidak akan pernah mengeluh saat mengalami kesulitan.

7. Bersifat terbuka dan cermat terhadap perubahan

Pengusaha yang sukses memiliki mindset yang berbeda saat menemui perubahan. Pasalnya, dalam dunia bisnis tantangan yang muncul akan sangat beragam dan berubah setiap saat.

Mereka akan selalu terbuka dan cermat dalam menanggapi setiap perubahan yang ada. 
Yaitu dengan berusaha untuk mencari solusi secara inovatif agar bisnis yang dijalankan tidak mengalami kegagalan.

Sebisa mungkin, mereka akan tetap waspada dan fokus untuk menghadapi segala tantangan demi kesuksesan bisnis yang mereka jalankan. Dan mereka tidak akan terlena atau berpuas diri saat bisnis dalam kondisi sukses. Justru, mereka akan terus melakukan riset dan inovasi untuk mengembangkan bisnis.

8. Konsisten mencapai tujuan

Setiap orang pasti memiliki tujuan hidup yang ingin mereka capai. Entah itu tujuan jangka panjang ataupun jangka pendek. Begitu juga dengan para pengusaha yang memiliki tujuan untuk menyukseskan bisnisnya.

Bedanya, mereka akan menuliskan secara detail step by step rencana untuk mencapai tujuannya itu. Dan berusaha untuk mencapai tujuan tersebut secara konsisten. Setelah tujuan itu tercapai, mereka akan membuat tujuan baru yang lebih tinggi demi kesuksesan bisnis yang mereka jalani.Tanpa konsistensi, maka mustahil tujuan tersebut akan dicapai.


9. Tidak Hanya Berharap

Pengusaha sukses meyakini bahwa segala sesuatu tidak bisa berubah dengan sendirinya tanpa adanya aksi atau tindakan yang dilakukan. Sehingga, mereka tidak akan tinggal diam atau hanya menunggu keajaiban datang.

Mereka akan mengerahkan segala kemampuan dalam diri untuk mengubah suatu keadaan atau kondisi yang bisa menghambat keberlangsungan bisnis demi bisa mencapai kesuksesan.

10. Resiko adalah hal biasa

Kebanyakan orang takut mengambil resiko dan lebih memilih bertahan di zona nyaman. Padahal, zona nyaman justru akan membuat anda malas dan tidak berkembang. Untuk itu, anda harus keluar dari zona nyaman jika ingin menjadi orang yang sukses.

Dan para pengusaha sukses adalah mereka yang berani mengambil resiko. Banyak dari mereka yang rela resign dari kerjaan dengan gaji dan jabatan yang mapan demi merintis bisnis dari nol yang rentan akan resiko kegagalan.

Namun, mereka tidak takut dengan resiko tersebut. Mereka justru memperhitungkan dengan matang resiko yang akan mereka hadapi. Kemudian berusaha untuk mengurangi resiko tersebut dengan tindakan-tindakan yang cermat.

Anda ingin mengembangkan potensi diri Anda sebagai pengusaha sukses? Anda harus yakin dengan niat Anda itu. Ayo lakukan sekarang juga!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.