Header Ads

8 (delapan) Poin Penting Agar Kita Mampu Memiliki Semangat Berbisnis Online dengan Konsisten

8 (delapan) Poin Penting Agar Kita Mampu Memiliki Semangat Berbisnis Online dengan KonsistenDengan berkembangnya era digital, trend bisnis online menjadi idola bagi kalangan pebisnis. Pasalnya, selain praktis dengan berbisnis online Anda juga tidak memerlukan modal yang besar.

Tidak mengherankan jika bisnis online menjadi sesuatu yang, “seksi” bagi para pemula yang ingin belajar bisnis. Sama halnya dengan bisnis pada umumnya, untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis online Anda harus cermat dalam berbagai hal.

Sebagai contoh; mampu cermat dalam membaca peluang, mengatur waktu, mengatur keuangan hingga cermat mengambil keputusan. Namun, ada satu hal lagi yang menjadi kunci kesuksesan dalam hal apapun itu termasuk dalam bisnis online yaitu konsistensi.

8 (delapan) Poin Penting Agar Kita Mampu Memiliki Semangat Berbisnis Online dengan Konsisten
8 (delapan) Poin Penting Agar Kita Mampu Memiliki Semangat Berbisnis Online dengan Konsisten


Mengapa Perlu Konsistensi dalam Berbisnis Online?

Membangun bisnis sama saja dengan terjun ke dunia yang penuh dengan ketidakpastian. Ada saatnya, Anda merasa bosan dan monoton karena tidak ada perubahan dalam bisnis online yang Anda jalankan.

Lama kelamaan, semangat itu akan pudar dan berujung pada keputusasaan. Salah satu kasus yang sering dialami oleh para pebisnis pemula adalah semangat berapi-api di awal-awal memulai bisnis, cepat merasa puas saat jualan laris dan patah semangat saat sepi pembeli.

Belum lagi, saat ini banyak bermunculan marketplace yang membuat siapa saja bisa dengan mudah menjalankan bisnis online. Tak heran jika jumlah toko online semakin meningkat. Artinya, saingan Anda akan semakin bertambah. Semakin banyak saingan, artinya tantangan yang Anda hadapi juga semakin besar.

Berbagai permasalahan di atas jika tidak diatasi dengan konsistensi yang baik tentu akan membuat Anda berada pada titik keterpurukan.

Itulah mengapa, banyak sekali yang mengalami kegagalan dalam berbisnis online karena ketidak-konsistenan, berhenti hingga berputus asa bahkan sebelum mencapai target.

Tips Konsistensi Sebagai Pebisnis Online

Konsistensi bukanlah bakat yang hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu. Layaknya skill, konsistensi juga bisa diasah dan dimiliki oleh siapa saja yang mau berusaha untuk menguasainya. Yang terpenting adalah Anda mau terus belajar untuk menjadi seorang pebisnis online yang konsisten.

Buat Anda para pemula, berikut ini tips konsistensi sebagai pebisnis online yang perlu Anda terapkan agar bisnis Anda bisa berkembang menuju kesuksesan.

[1] Menetapkan Target dan Tujuan dengan Jelas

Sebelum memulai berbisnis, Anda harus lebih dulu menentukan tujuan dari bisnis online yang Anda jalani. Kemudian, tuliskan secara jelas dan detail target apa saja yang ingin Anda capai dalam kurun waktu tertentu.

Tentunya, buatlah target yang masuk akal. Daftar target inilah yang akan menjadi acuan dan semangat Anda dalam menjalankan bisnis. Dan jika dalam keberjalanannya Anda merasa bosan, coba kembali ke tujuan awal anda. dengan begitu, Anda akan termotivasi untuk selalu konsisten.

[2] Menetapkan Batas Waktu Untuk Setiap Target

Target yang baik adalah target yang terukur dan memiliki batas waktu. Misalnya, dalam satu bulan Anda harus berhasil menjual 5000 produk, mendapatkan 50 customer setia dalam waktu satu bulan, dan lain sebagainya.

Dengan adanya batas waktu, Anda akan memiliki indikator yang bisa mendorong semangat kerja anda. Selain itu, Anda juga akan terfokus pada target yang Anda buat dan tidak mudah terdistraksi oleh hal-hal yang akan menghambat perkembangan bisnis online anda.

[3] Memulai Dari Hal Kecil dan Tidak Menunda Pekerjaan

Salah satu kunci kesuksesan adalah mengerjakan hal-hal kecil hingga besar dengan totalitas dan tidak suka menunda-nunda pekerjaan. Pasalnya, semakin Anda menunda pekerjaan, maka pekerjaan akan semakin menumpuk. Dan seringkali hal itu akan membuat fokus dan mood Anda menjadi kacau.

Terlebih di dalam bisnis online, semuanya dituntut untuk serba cepat. Mulai dari cepat dan rutin update konten, cepat respon (fast respon), cepat pengemasan, dan cepat pengiriman. Jadi, jika Anda suka menunda-nunda pekerjaan, maka dijamin bisnis Anda akan tertinggal jauh.

4. Ketat dan Disiplin Dalam Mengatur Waktu

Dalam berbisnis online, Anda bekerja untuk diri sendiri. Sehingga, Anda harus menetapkan peraturan atau jadwal untuk diri sendiri yang harus Anda patuhi. Salah satunya adalah disiplin waktu. 

Pasalnya, salah satu kunci kesuksesan seorang pebisnis online adalah disiplin dalam mengelola waktu. Pastikan untuk menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan bisnis sebelum melakukan hal lain. Tetapkan jadwal rutin yang berkaitan dengan bisnis misalnya waktu untuk update konten, promosi ke grup WA, pengemasan, pengiriman dan lain sebagainya.

[5] Menghindari Pikiran Negatif

Untuk menjadi seorang pebisnis online yang sukses, Anda harus memiliki mindset sukses dan selalu berpikiran positif. Pasalnya, di dalam berbisnis pasti ada masa-masa sulit.
Jika Anda selalu memperturutkan pemikiran negatif, maka akan membuat bisnis dan diri Anda terpuruk. 

Untuk itu, selalu tanamkan pikiran positif dalam diri anda. Sering-sering berkumpul dengan orang-orang yang selalu berpikiran positif. Dan sebisa mungkin, jauhi orang-orang yang bermental pesimis.

[6] Tidak Lelah Untuk Belajar dan Mengembangkan Diri

Pebisnis online yang sukses adalah mereka yang tidak lelah belajar dan selalu mengembangkan diri. Untuk mengembangkan bisnis, Anda harus selalu update ilmu-ilmu tentang bisnis dan pemasaran.

Terlebih untuk bisnis online, Anda harus selalu update ilmu digital marketing yang berkembang dengan cepat. Anda bisa mempelajarinya secara gratis di internet. Banyak sekali content creator yang rajin membuat tutorial tentang digital marketing.

Anda tinggal memilih materi apa yang Anda butuhkan disesuaikan dengan bisnis anda. 
Atau bisa juga dengan mengalokasikan dana untuk mengikuti workshop, seminar maupun coaching bisnis bersama para mentor.

[7] Bergabung dengan Komunitas Bisnis

Anda pasti familiar dengan istilah “Kalau ingin wangi, bertemanlah dengan penjual minyak wangi”. Begitu juga dengan bisnis. Jika ingin sukses dalam berbisnis online, bergaulah dengan teman-teman yang se-frekuensi dalam hal ini adalah komunitas bisnis.

Saat ini sudah banyak sekali dijumpai komunitas bisnis online terutama komunitas bisnis yang dibentuk oleh beberapa marketplace. Manfaatkan kesempatan ini untuk sharing dan berdiskusi dengan teman-teman di komunitas.

Pilihlah satu atau dua orang yang kira-kira cocok dan bersedia untuk menjadi mentor bisnis Anda karena salah satu cara akselerasi bisnis adalah dengan adanya mentor. dengan cara ini, Anda akan mendapatkan motivasi untuk terus konsisten dalam mengembangkan bisnis. 

Pastikan Anda menjadi pribadi yang fleksibel dan terbuka dalam menerima kritik dan masukan karena hal itu sangat berguna bagi bisnis anda.

[8] Perbanyak Menonton Video Motivasi Atau Podcast Bisnis

Satu lagi tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga konsistensi saat mulai bosan dan tidak semangat dalam menjalankan bisnis. Yaitu perbanyak menonton video motivasi dari para pakar atau pebisnis sukses yang sudah berpengalaman dalam dunia bisnis.

Selain video di Youtube atau Instagram, saat ini yang lagi trend adalah podcast. Anda bisa mendengarkan podcast tentang bisnis secara gratis yang bisa bermanfaat untuk nge-recharge semangat Anda.

Baik … Itulah 8 Poin Penting Agar Kita Mampu Memiliki Semangat Berbisnis Online dengan Konsisten. Selanjutnya, Anda tinggal memilih yang paling Anda sukai dan efektif. Tetap semangat!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.