Header Ads

9 (sembilan) Cara Memulai Bisnis Online dari Nol


9 (sembilan) Cara Memulai Bisnis Online dari Nol - Era digital memberikan pengaruh yang besar terhadap perkembangan dunia bisnis. Dimana, kesempatan untuk berbisnis terbuka begitu lebar bagi siapa saja. Jika sebelumnya, bisnis hanya dimiliki oleh mereka yang bermodal besar.

Namun dengan berkembangnya bisnis online, siapa saja bisa dengan mudah memulai sebuah bisnis. Tak terkecuali buat para pemula dengan modal minim. Dan tak sedikit dari mereka berhasil menjadi seorang pebisnis online yang sukses.

9 (sembilan) Cara Memulai Bisnis Online dari Nol
9 (sembilan) Cara Memulai Bisnis Online dari Nol
Buat Pembaca yang berencana untuk memulai bisnis di tahun ini, berikut ini cara-cara memulai bisnis online dari nol.

[1] Miliki Mindset Seorang Pebisnis

Faktor penentu kesuksesan seorang pebisnis baik itu bisnis online maupun offline, 95% disebabkan oleh mindset. Pasalnya, dunia bisnis penuh dengan ketidakpastian dan tantangan sehingga hanya segelintir orang yang bisa bertahan. Yaitu mereka yang memiliki mindset pebisnis sukses.

Seperti kerja keras, tidak mudah menyerah, semangat untuk terus belajar, kreatif dan inovatif. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah niat yang lurus. Jangan hanya mengejar keuntungan agar cepat kaya.

Niatkan berbisnis tidak hanya untuk mendapatkan penghasilan, tapi juga demi bisa melayani dan bermanfaat untuk orang lain.


[2] Menentukan jenis produk yang akan dijual

Kebanyakan para pemula salah langkah di tahapan ini. Mereka hanya fokus pada produk yang mereka sukai dan belum tentu disukai pasar sehingga banyak yang tumbang sebelum mencapai target.

Carilah produk yang banyak dibutuhkan masyarakat. Caranya adalah dengan melakukan riset online di google trends, keyword planner atau hastag instagram dengan mencari kata kunci yang paling banyak dicari.

Kata kunci yang paling banyak dicari menandakan kalau produk tersebut memang paling banyak dibutuhkan masyarakat. Sebisa mungkin pilihlah produk yang cepat laku dan berpeluang repeat order sehingga perputaran uang (cashflow) bisa terjadi secara cepat dan tidak tersendat.

[3] Analisis kompetitor

Yang perlu diingat, anda bukanlah satu-satunya pemain dari bisnis online yang akan Pembaca jalankan. Apalagi buat anda yang baru mau terjun ke dunia bisnis. Di luar sana, banyak sekali pesaing yang menawarkan produk yang serupa dengan yang Pembaca jual.

Bahkan mungkin mereka sudah jauh lebih dulu bermain di lapangan. Sehingga dalam hal pengalaman, pengetahuan ataupun strategi bisnis tentunya mereka jauh lebih unggul.
Untuk itu, analisis dan pelajari cara ataupun strategi yang mereka gunakan. 

Kemudian amati, tiru dan modifikasi. Buatlah analisis SWOT (Strength (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Kesempatan/Peluang) dan Threat (Ancaman)) dan bandingkan keunggulan produk mereka dengan produkmu.

Buatlah produkmu seunik mungkin dan kalau bisa meng-cover semua kelemahan dari produk pesaing. Dengan begitu, konsumen akan lebih tertarik untuk membeli produk yang Pembaca jual.

[4] Memilih sistem penjualan

Ada beberapa sistem penjualan di dalam bisnis online yang bisa Pembaca pilih. Yaitu dengan menjadi supplier (produsen), reseller atau dropshipper. Dari ketiganya, yang paling direkomendasikan buat para pemula adalah dengan menjadi dropshipper.

Dengan sistem ini, Pembaca bisa mendapatkan penghasilan tanpa harus menyimpan stok produk yang akan dijual. Pembaca cukup mencari pelanggan dan untuk masalah penyediaan, pengemasan dan pengiriman akan dilakukan oleh distributor atau supplier.

Setelah barang sampai ke customer, Pembaca bisa mendapatkan komisi. Namun, Pembaca juga harus cermat dalam memilih distributor yang memang terpercaya. Jangan sampai Pembaca memilih distributor abal-abal yang akan di kemudian hari.

[5] Membuat website bisnis

Setelah menentukan produk yang akan Pembaca jual, selanjutnya adalah dengan membuat website sebagai toko atau lapak online. Website bisa menjadi salah satu media branding yang bisa meningkatkan kredibilitas bisnis online yang sedang Pembaca jalankan.

Para pelanggan bisa dengan mudah mendapatkan informasi tentang produk yang anda jual lengkap dengan info cara pemesanan. Selain itu, website merupakan pusat dari segala aktivitas bisnis online yang menjadi tempat menyimpan database konsumen.

[6] Promosi di media sosial

Selain website, yang tidak kalah penting adalah berjualan di media sosial khususnya Instagram dan facebook. Pasalnya, sekarang ini memang era-nya bisnis online di media sosial. Khususnya instagram untuk target market milenial dan facebook untuk target market orang dewasa maupun pelanggan dari luar negeri.

Instagram menjadi platform yang tepat untuk mempromosikan produk yang Pembaca jual secara gratis atau berbayar lewat ig ads. Buatlah akun instagram bisnis sesuai dengan nama brand atau website bisnis. Kemudian, jika ada yang ingin membeli produk bisa Pembaca arahkan ke website, whatsapp atau akun toko online di marketplace.

[7] Berjualan di marketplace

Tidak cukup kalau hanya berjualan di website atau media sosial. Apalagi jika website-nya masih sepi pengunjung sehingga produk Pembaca belum begitu dikenal orang. Untuk itu, Pembaca perlu memperluas jangkauan pemasaran dengan berjualan di marketplace. Seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli.com, Zalora, OLX dan lain sebagainya.

Namun usahakan untuk fokus ke satu atau dua marketplace saja. Pilihlah, marketplace dengan traffic atau revenue tertinggi. Keberadaan marketplace ini sangat cocok buat para pemula yang ingin memasarkan produknya dengan jangkauan pasar yang luas tanpa harus mengeluarkan dana yang besar.

Apalagi saat ini banyak marketplace yang menawarkan program gratis ongkir. Sehingga hal ini bisa menjadi daya tarik buat para pelanggan yang sering kali batal membeli karena biaya ongkir yang lumayan mahal.

[8] Membuat rekening khusus bisnis

Banyak yang memulai bisnis dengan mencampuradukkan antara rekening pribadi dan bisnis. Alhasil, Pembaca tidak bisa mengukur sejauh mana penghasilan yang Pembaca dapat dari bisnis.

Ini tentunya menjadi salah satu penghambat kemajuan bisnis yang sedang Pembaca jalankan. Untuk itu, diawal memulai bisnis sangat dianjurkan untuk membuat rekening khusus untuk bisnis. Sehingga Pembaca tidak akan pusing saat menghitung cashflow atau rincian pendapatan dari bisnis.


[9] Optimasi website dan media sosial

Agar bisnis mampu dikenal banyak orang, maka Pembaca perlu melakukan optimasi website dan media sosial. Caranya adalah dengan optimasi SEO agar website bisnis dapat menduduki ranking teratas di mesin pencarian (search engine) google agar lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan.

Jangan lupa untuk membuat akun di Google My Business (Google Bisnisku) yang terkoneksi ke website ke website bisnis. Jangan lupa untuk meminta bantuan orang terdekat atau pelanggan agar memberikan review positif di akun GMB.

Sedangkan untuk optimasi instagram bisa dilakukan dengan update konten secara rutin di jam-jam favorit warganet membuka media sosial. Pilihkan konten-konten yang bisa memberikan nilai positif dan menginspirasi buat para follower akun bisnismu.

Misalnya, quote atau tips-tips yang berhubungan dengan produk yang Pembaca jual. Jadi, tidak melulu posting produk yang bisa membuat mereka merasa bosan. Setelah bisnismu berkembang dan memiliki penghasilan yang lumayan.

Anda pun bisa mengalokasikan dana untuk ig ads, google ads ataupun fb ads. Bisa juga dengan menggunakan jasa endorse para influencer atau artis untuk menambah engagement dan menggaet calon pelanggan baru.

Baik itulah sekilas informasi mengenai Cara-Cara Memulai Bisnis Online dari Nol -- ini adalah salah satu cara marketing yang saat ini masih dipakai banyak kalangan para pebisnis online. Jangan lupa untuk selalu belajar dan update ilmu tentang bisnis online agar bisnismu bisa naik kelas (scaling up). 

Pembaca ... Anda tengah mencari tempat bimbingan mempelajari memulai bisnis dari nol di Bandung? Silakan hubungi AMD (Agro Media Digital - Kiosagro Group) di layanan Whatsapp/Call/SMS : 085721109590.


Tim AMD (kiosagro group) foto bersama seusai in house training selama 2 hari di Indramayu
Foto bersama Kiosagro, AMD dan Peserta seusai in House Training Qonita Umroh Group Indramayu selama 2 (dua) hari (Sabtu dan Minggu, 15 dan 16 Februari 2020).

AMD memiliki para tutor yang bisa mengubah arah pola pikir bisnis menjadi sesuai dan ideal untuk Anda jalankan. Seperti yang sudah dilakukan di Indramayu - BACA: Kiosagro In House Training Pemasaran Digital Bersama Qonita Umroh Grup

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.