Header Ads

Kiosagro In House Training Pemasaran Digital Bersama Qonita Umroh Grup

Affiliate marketing merupakan salah metode bisnis yang hari ini masih banyak dipergunakan oleh berbagai pihak seperti Amazon, Lazada, Commision Junction dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pihak merchant atau si pemilik produk (perusahaan) yang wajib memberikan komisi atau jasa seseorang sebagai affiliater saat orang tersebut mampu menjual produk atau jasa (closing, atau pecah telor).

Proses transaksinya sudah barang tentu dilakukan lewat internet, dan lazimnya affiliater berusaha membuat website khusus saat dia memasarkan baik itu produk atau jasa.

Lalu apa itu marketplace? Marketplace merupakan halaman situs atau website dan bisa saja berupa aplikasi baik itu di android atau pun di iOS. Bertujuan memfasilitasi jalannya transaksi jual beli dari toko-toko yang heterogen -- seperti Kiosagro, bukalapak, tokopedia dan lain-lain.

Berbeda dengan affiliasi, pemasar di marketplace akan bersaing satu sama lain di dalam portal yang sama. Dan biasanya persaingan ini diatur oleh pemilik marketplace sebaik mungkin lewat pemberian rating guna meningkatkan reputasi, disediakan ekspedisi, dilengkapi sarana branding seperti; seal tape, kardus, invoice dan lain-lain. Rata-rata, marketplace tidak mengambil komisi dari setiap produk yang terjual -- 100% keuntungan buat si pemilik produk.

Itulah perbedaan antara Affiliate Marketing dan Marketplace. Ini adalah salah satu contoh pertanyaan terbaik yang ditanyakan oleh peserta In House Training Qonita Umroh Grup yang mempercayakan kepada Agro Media Digital (unit bisnis di bawah PT Kiosagro Indonesia Sejahtera) yang bergerak di bidang IT Solution dengan salah satu layanannya memberikan pelatihan Digital Marketing.

Siti Fatimah begitu Antusias mengajukan pertanyaan saat Kiosagro in House Training Qonita Umroh Grup
Siti Fatimah begitu Antusias mengajukan pertanyaan saat Kiosagro in House Training Qonita Umroh Grup
Pertanyaan tersebut dilontarkan oleh ibu Siti Fatimah warga dusun Pegagan desa Ujunggebang kecamatan Sukra kabupaten Indramayu di hari pertama pelatihan. Dengan mengambil tempat di SMP Juara Wirautama digelar Kiosagro In House Training Pemasaran Digital Bersama Qonita Umroh Grup selama dua hari (Sabtu dan Minggu 15 dan 16 Februari 2020).

Pada hari 1, acara diawali dengan memberikan teori pemahaman bisnis dari Hadiyan Nur Sofyan selaku founder Kiosagro. Lewat paparannya Kang Hadiyan (sapaan akrabnya-red) menanamkan sebuah pola pikir bisnis hari ini yang mau tidak mau atau suka tidak suka harus dihadapi. Caranya dengan terus melahirkan ide kreatif yang dicontohkannya ketika membangun Kiosagro.

hadiyan nur sofyan selaku founder kiosagro
Hadiyan Nur Sofyan selaku founder Kiosagro

Lalu selanjutnya, pelatihan diisi dengan pengetahuan seputar Digital Marketing Hari Ini oleh Heru Wibowo selaku Co-Founder AMD (Agro Media Digital) yang menitikberatkan pada pengenalan bisnis yang dewasa ini hadir serta perbedaannya termasuk menjawab perbedaan antara Affiliate Marketing dengan Bisnis Marketplace yang disebutkan pada awal paragraf artikel kali ini.

heru wibowo selaku direktur Agro Media Digital
Heru Wibowo selaku Direktur Agro Media Digital

Usai jeda solat dhuhur dan makan siang, Kiosagro In House Training Pemasaran Digital Bersama Qonita Umroh Grup - kembali dilanjutkan dengan menampilkan Adetruna. Kang Ade (sapaan akrabnya-red) adalah co-founder Kiosagro sekaligus direktur marketing perusahaan tersebut.

Pria yang juga blogger asal Soreang kabupaten Bandung ini memberikan penguatan tentang kenapa harus Go Digital hari ini? Dan Pentingnya Copywriting yang banyak mencontohkan konten yang sudah tayang di kioscemilanku. Kemudian dipungkas dengan praktek Kiat Mudah Menampilkan Bisnis baik produk atau jasa di halaman depan mesin pencarian Google.

adetruna selaku direktur marketing kiosagro
Adetruna selaku Direktur Marketing Kiosagro
"Dengan adanya pelatihan ini saya semakin terbuka wawasan mengenai digital marketing khususnya bagi Yayasan Genharum (Generasi Harapan Umat). Semoga kami dapat mengaplikasikannya dengan baik sesegera mungkin," ungkap Siti Muthoharoh salah satu peserta yang ada di kelas pelatihan saat ditanya oleh redaksi.

Rizqi Amali Rosyadi selaku Pembina Genharum dan Qonita Umroh Grup
Rizqi Amali Rosyadi selaku Pembina Genharum dan Qonita Umroh Grup
Hari pertama berlangsung dengan lancar dan kondusif. H. Rizqi Amali Rosyadi, S.Psi., M.Ikom selaku pembina Yayasan Genharum dan Qonita Umroh Grup menyebutkan, "Sebuah pelatihan yang bagus. Kami yang tadinya menjalankan bisnis online sebatas menggunakan media sosial kini mulai tercerahkan dengan pentingnya website, chat messenger, e-commerce serta optimalisasi mesin pencarian organik maupun berbayar," pungkas sosok muda yang dihormati oleh rekan-rekannya di yayasan tersebut.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.