Header Ads

Manfaat QRIS (QR Code Indonesian Standar) bagi UKM

Manfaat QRIS (QR Code Indonesian Standar) bagi UKM - Di era digital seperti sekarang ini, sistem pembayaran mulai bertransformasi dari pembayaran secara manual (tunai) menjadi pembayaran berbasis digital (non-tunai).

Terbukti saat ini mulai bermunculan berbagai aplikasi dompet digital yang mempermudah proses transaksi. Mulai dari OVO, Go-pay, Link Aja, DANA, JENIUS dan i-saku. Bahkan, menurut data dari Bank Indonesia (BI) di 2018 menyebutkan, "Jumlah transaksi dengan menggunakan dompet digital di tahun ini mencapai 1,5 dollar Amerika. Dan potensi transaksi elektronik tersebut, diperkirakan akan terus meningkat setiap tahunnya."

Seiring dengan informasi tersebut, hari ini pemerintah Indonesia melalui Bank Indonesia (BI) meluncurkan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dengan sasaran utama pelaku UMKM. Hal ini merupakan salah satu implementasi dari visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) 2025 yang pada 2019 telah dicanangkan.

QRIS juga sejalan dengan program digitalisasi UKM yang merupakan salah satu pilar strategi untuk pengembangan UMKM nasional.

Apa Itu QRIS?

QRIS merupakan standar QR Code pembayaran untuk sistem pembayaran di Indonesia yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan bekerjasama dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI). 

Pada dasarnya, QRIS adalah sistem pembayaran non-tunai yang menyatukan platform-platform pembayaran digital yang sudah ada. QRIS disusun berdasarkan standar internasional EMVCo yang juga digunakan oleh beberapa negara lain di dunia seperti korea selatan, singapura, malaysia, thailand, dan india. 

Standar Nasional QR Code diperlukan dengan tujuan untuk mengantisipasi fragmentasi baru pada sistem pembayaran digital dan untuk memperluas penerimaan sistem pembayaran non tunai nasional. Khususnya bagi para pelaku UMKM yang lebih banyak menggunakan transaksi tunai. Penyedia barang dan jasa (merchant) cukup menggunakan satu QR Code untuk melakukan transaksi di berbagai platform dompet digital (e-wallet).

Contoh sederhananya adalah jika selama ini Anda berbelanja di toko retail menggunakan Go-pay dan untuk sistem pembayarannya Anda harus melakukan scanning QR code dari Go-pay. Sedangkan, apabila Anda menggunakan QRIS, maka hanya ada satu QR code yang bisa Anda gunakan untuk melakukan transaksi di beberapa platform dompet digital sekaligus -- sebut saja; DANA, OVO, Go-pay, LinkAja atau Jenius. Ini akan memudahkan buat para pelaku UMKM yang sering melakukan transaksi dengan banyak pelanggan. 


Keunggulan QRIS

Lalu setelah kita menggunakan metode pembayaran berbasis QRIS, apa saja keunggulan yang bisa diandalakan? Sebagai awalan, QRIS difokuskan pada penerapan QR Code Merchant Presented Mode dimana penjual (merchant) akan menunjukkan QR code pembayaran yang nantinya akan dipindai oleh pembeli (customer).

Selain menghemat penggunaan uang kertas, QRIS memiliki beberapa keunggulan sesuai dengan visi QRIS UNGGUL (Universal, Gampang, Untung, Langsung), yaitu:

[1] Melayani semua transaksi dompet digital

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, QRIS ini sifatnya inklusif karena bisa membantu pelayanan semua transaksi yang dilakukan melalui jamak platform dompet digital. Sifat non tunai atau cashless-nya ini tentu saja membuat Anda tidak perlu membawa uang tunai, pun menyediakan kembalian karena nominal yang dipindai (scan) jumlahnya sama dengan harga produk yang Anda beli. Anda pun tidak memiliki perasaan ragu atau curiga apakah uang yang dipakai transaksi, "Asli ataukah palsu?"

[2] Bisa digunakan untuk transaksi di luar negeri

Poin ini lebih menarik lagi, khususnya bagi Anda yang kerap pameran produk ke luar negeri. Apa pasal? Karena QRIS bersifat universal dan sesuai dengan standar internasional sehingga bisa digunakan untuk transaksi baik di dalam maupun di luar negeri. QRIS akan memudahkan para pelaku UKM Bandung saat bertransaksi dengan customer.

[3] Sistem transaksi yang mudah dan cepat

Keunggulan lain dari QRIS adalah sistem transaksinya yang mudah dan cepat. Jadi ketika Anda berbelanja di Kios Cemilanku, misalnya---Anda cukup memindai kode QR selanjutnya nilai atau dana yang Anda bayarkan akan langsung masuk ke akun penjual (merchant)

Sehingga, Anda tidak perlu khawatir kalau tidak membawa uang tunai atau tidak mendapatkan kembalian. Transaksi ini dilakukan cukup dengan smartphone. Dan transaksi menggunakan QRIS ini dijamin aman dari uang palsu dan jumlah uang yang masuk juga pas.

Manfaat QRIS (QR Code Indonesian Standar) bagi UKM

Sudah barang tentu ada banyak manfaat QRIS bagi UKM. Menurut data dari Kementerian Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah, jumlah UKM di Indonesia mencapai 60 juta dengan total 5% yang sudah beralih menggunakan QRIS. Angkanya masih kecil, padahal jamak sekali manfaat QRIS untuk kemajuan UKM Bandung, seperti:

1) Mempermudah pencatatan laporan keuangan

Salah satu kendala yang dihadapi para pelaku UMKM adalah kesulitan dalam mencatat laporan keuangan. Dengan adanya QRIS bisa mempermudah laporan transaksi karena akan tercatat secara otomatis di dalam sistem. Bahkan transaksi QRIS akan terfokus pada akun khusus bisnis, sehingga uang pribadi dan uang bisnis tidak akan tercampur.

2) Meningkatkan traffic penjualan

Poin selanjutnya, lalu lintas. Tentunya ini harapan semua pelaku UKM; ingin meningkatkan jumlah pelanggan. Maka salah satunya kita harus mampu menyesuaikan diri, sebagai langkah nyata dengan beralih dari cara lama ke cara baru---menggunakan QRIS, misalnya.

Jika sekarang trend yang sedang terjadi adalah pembayaran non-tunai maka pelaku UKM Bandung pun sesegera mungkin ikut trend ini.

Keberadaan pembayaran non-tunai dengan QRIS yang sederhana dan mudah tentunya akan memberikan pengalaman pengguna yang positif. Pengguna yang merasakan manfaat dari QRIS akan senang dan tidak sungkan-sungkan menceritakan pengalamannya tersebut kepada pihak lain. Bisa saja menjadi viral, dan nama usaha Anda pun akan tersangkut di dalamnya. Maka yang terjadi selanjutnya adalah adanya peningkatan traffic penjualan dari bisnis yang Anda kelola.

3) Meminimalisir resiko kehilangan dan uang palsu

Penggunaan QRIS juga bisa meminimalisir resiko seperti kehilangan uang atau mendapatkan uang palsu. Pasalnya, uang penjualan akan langsung masuk ke virtual account atau bank merchant yang mampu dikelola dan dipantau kapan saja.

4) Transaksi tercatat secara otomatis

Keunggulan lain dari QRIS adalah transaksi harian, mingguan, bulanan hingga tahunan bisa tercatat secara otomatis di sistem yang bisa dilihat di bagian riwayat penjualan. Hal ini sangat bermanfaat buat para pebisnis UKM yang kesulitan dalam membuat database transaksi. 

Dan data cashflow yang tercatat ini, nantinya akan menjadi salah satu acuan pemerintah untuk mengembangkan UKM naik kelas (scale up) dan bankable.

5) Mendapat building credit profile

Dengan riwayat transaksi yang lengkap serta rapi secara otomatis building credit profile akan terbangun dengan reputasi yang baik. Reputasi ini bisa menjadi salah satu pertimbangan bank untuk memberikan pinjaman modal yang bermanfaat untuk pengembangan usaha anda.

Selain sebagai merchant, Anda juga bisa melakukan transaksi lainnya dengan lebih mudah. Seperti melakukan pembayaran retribusi, tagihan, dan pembelian barang secara cashless. Otomatis, Anda ikut serta menyukseskan gerakan non-tunai dari pemerintah.

Cara Mendaftar QRIS

Bagi pelaku UKM yang ingin memiliki QRIS bisa:
  • Menghubungi Perusahaan Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) baik itu perbankan atau non-perbankan yang sudah digunakan sebagai mitra transaksi. 
  • Kemudian Anda menyerahkan nomor rekening atau nomor Virtual Account
  • Pihak PJSP kemudian akan mendaftarkan akun Anda di QRIS. Setelah mendapatkan QRIS Anda bisa melakukan transaksi dengan customer.
Atau bisa menghubungi pihak ketiga (third party) seperti DANA, OVO, LinkAja dan vendor sejenis lainnya.

QR Code Standar Pembayaran Nasional QRIS dari DANA untuk Kioscemilanku

Salah satu unit usaha moderen yang hari ini sudah menjalankan transaksi menggunakan teknologi QRIS adalah Kioscemilanku. Bersama dengan DANA, sentra cemilan yang beralamat di jalan Kuningan Raya 109, Antapani Bandung ini sudah dan terus mengedukasi pelanggan untuk mulai menggunakan serta membiasakan kemudahan belanja non tunai atau cashless.

Mekanisme penggunaan QR Code Standar Pembayaran Nasional QRIS dari DANA untuk Kioscemilanku adalah sebagai berikut.
  1. Saat QRIS di-scan oleh customer, ada dua metode display yaitu secara statis dan dinamis. Untuk metode statis, QR code yang sama akan ditampilkan melalui stiker atau hasil cetak lain. Kemudian Anda bisa meng-input nominal pembayaran secara manual. 
  2. Sedangkan untuk metode dinamis, QR code akan ditampilkan melalui struk yang ditampilkan di layar atau dicetak oleh mesin EDC dengan QR code berbeda-beda di setiap transaksi. Setelah itu, akan muncul QR code lengkap dengan nominal yang harus dibayar.

QR Code Standar Pembayaran Nasional QRIS dari DANA untuk Kioscemilanku

QR Code Standar Pembayaran Nasional QRIS dari DANA untuk Kioscemilanku


Kesimpulannya QRIS mampu menjadikan proses transaksi lebih efisien, mempercepat perputaran keuangan dan bisa memajukan UMKM yang notabene adalah roda penggerak perekonomian Indonesia. Dengan meningkatnya pengguna dompet digital ditambah dengan sistem QRIS yang praktis, dijamin UMKM di Indonesia bisa naik level dengan cepat hingga skala global.










Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.