Header Ads

Tips Membuat Kemasan Produk Yang Menarik

Tips Membuat Kemasan Produk Yang Menarik - Ketatnya persaingan bisnis, membuat anda harus selalu berinovasi untuk menciptakan kemasan produk atau packaging yang unik dan menarik.

Pasalnya, kemasan produk merupakan salah satu faktor yang dapat menarik konsumen untuk membeli produk anda. Selain memberi nilai tambah pada produk anda, kemasan produk juga bisa mempengaruhi konsumen secara emosional. 

Itulah mengapa banyak yang tertarik untuk membeli sebuah produk baru hanya karena menyukai kemasannya. Untuk itu, anda harus mendesain kemasan produk anda dengan seunik dan sekreatif mungkin agar bisa memikat hati para konsumen. Tentunya disesuaikan dengan jenis produk dan target konsumen.

Pentingnya Kemasan Produk Bagi Bisnis

Sejumlah pebisnis mengira bahwa dalam memasarkan produk yang terpenting adalah kualitas dari produk itu sendiri. Padahal, kemasan produk menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat penjualan apapun itu jenis produknya. 

Produk dengan kemasan yang menarik bisa dengan mudah mencuri hati siapa saja yang melihatnya. Berikut ini 5 alasan mengapa kemasan produk itu penting.

[1] Melindungi Produk

Fungsi paling penting dari sebuah kemasan adalah untuk melindungi produk agar aman dan tidak mudah rusak. Dengan adanya kemasan, bisa membuat produk anda selamat dari basah, cacat, dan goresan sehingga akan terlihat menarik saat displaying

Selain itu, kemasan produk juga akan memudahkan proses pengiriman atau pendistribusian produk. Dan bisa menjamin keamanan produk saat pengiriman dari resiko terjatuh atau tertimpa barang lainnya.

[2] Membuat Diferensiasi (faktor pembeda)

Dalam setiap bisnis, pasti ada kompetitor yang menjual produk yang sama. Untuk itu, kemasan sangat diperlukan untuk membedakan produk anda dengan produk lain yang sejenis. Kemasan inilah yang akan menjadi identitas dari produk atau bisnis anda. 

Dengan kemasan yang unik dan menarik, produk anda akan lebih mudah diingat oleh konsumen karena terlihat berbeda dari produk-produk lainnya. Selain itu, dengan kemasan yang anti mainstream juga akan membuat produk anda terlihat lebih spesial.

[3] Membangun Kepercayaan (trust)

Dengan adanya kemasan sebagai pelindung, produk anda bisa sampai ke tangan konsumen dalam kondisi baik dan tidak ada cacat sedikitpun. Sehingga, konsumen akan merasa puas dengan kualitas produk yang anda jual. 

Otomatis trust atau kepercayaan akan terbangun dengan sendirinya di hati para kemasan. Setelah kepercayaan terbangun, maka peluang repeat order juga akan terbuka lebar.

[4] Mempromosikan Produk

Kemasan produk juga berfungsi untuk memberikan informasi tentang produk anda. Mulai dari komposisi/kandungan gizi, manfaat atau kegunaan, brand atau logo, tagline, tempat produksi, website, hingga cara penggunaan. 

Informasi inilah yang menjadi bagian dari cara promosi untuk memperkenalkan produk anda kepada para pembeli. Pastikan, anda mencantumkan informasi produk secara padat dan jelas agar terlihat menarik dan tidak membosankan.

[5] Menambah Daya Tarik

Dengan desain kemasan yang menarik, akan membuat siapa saja yang melihatnya tertarik untuk membeli produk anda. Secara tidak langsung, kemasan yang menarik bisa meningkatkan brand awareness dan kualitas produk anda. 

Bahkan, tak sedikit yang menjual produk dengan kualitas standar (pasaran) namun berhasil menggaet banyak pembeli karena kemasan yang unik dan eye-catching. Untuk itu, cobalah alokasikan dana untuk membayar jasa desainer produk yang sudah berpengalaman untuk mendesain kemasan produk anda. 

Dengan rancangan desainer yang handal, tentunya produk anda akan memiliki nilai plus dan besar kemungkinan bakal dicari-cari pembeli. Selain desain yang bagus, konsumen yang concern dengan isu lingkungan cenderung memilih dan menyukai kemasan yang sifatnya ramah lingkungan. 

Tentunya, ini bisa menjadi pertimbangan buat anda dalam menentukan kemasan produk mengingat isu pencemaran plastik sedang banyak diperbincangkan.
Tips Membuat Kemasan Produk Yang Menarik
Tips Membuat Kemasan Produk Yang Menarik

Tips Membuat Kemasan Produk Yang Menarik

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam membuat kemasan produk agar terlihat lebih menarik, antara lain:

a. Buatlah Desain Kemasan yang Sederhana

Desain kemasan yang baik adalah desain yang terlihat simple, unik dan menarik. Untuk itu, hindari membuat desain yang terlihat rumit atau terlalu ramai. Selain itu, konsumen cenderung menyukai kemasan yang praktis dan ringan sehingga gampang dibawa kemana-mana.

b. Menggunakan Warna yang Cerah

Selain desain, salah satu faktor yang bisa mempercantik sebuah kemasan adalah pemilihan warna. Usahakan untuk memilih warna yang cerah agar terlihat cheerful dan mewah. Namun, tentunya disesuaikan dengan jenis produk yang anda jual. 

Misalnya untuk produk cemilan pisang, anda bisa memilih warna dasar kuning, warna pink atau putih untuk produk kosmetik dan warna hijau untuk produk-produk herbal.

c. Menggunakan Gambar yang Menarik

Konsumen cenderung menyukai hal-hal yang berbentuk visual terutama gambar. Untuk itu, anda perlu menambahkan gambar agar kemasan terlihat lebih menarik. Tentunya gambar harus disesuaikan dengan produk yang anda jual. 

Sebagai contoh, jika anda menjual nugget pisang maka anda perlu mencantumkan gambar pisang dalam bentuk asli ataupun karikatur. Untuk produk masker wajah, anda perlu mencantumkan gambar wajah wanita yang sedang menggunakan masker. Atau semisal anda menjual produk pakan burung -- anda perlu mencantumkan gambar burung yang terlihat gemuk, cantik dan sehat.

d. Membuat Kemasan yang Memiliki Pesan

Saat ini, ada jamak brand yang menyertakan quote atau pesan dalam kemasannya. Misalnya saja, untuk produk sedotan bambu, biasanya akan dicantumkan pesan untuk menjaga lingkungan atau mengurangi sampah plastik. 

Atau jika produk yang anda jual adalah pakan burung, anda juga bisa mencantumkan pesan untuk ikut melestarikan burung. Selain pesan yang sifatnya campaign atau ajakan, anda juga bisa menyisipkan pesan atau gambar yang sifatnya komedi sebagai lelucon atau hiburan buat para pelanggan. Tentunya ini bisa menjadi nilai plus buat produk anda. Dijamin, para customer akan selalu teringat dan terikat dengan produk anda karena keunikannya itu.

e. Membuat Kemasan Yang Ramah Lingkungan

Isu global warming menumbuhkan kesadaran para konsumen untuk beralih ke pola hidup yang minim sampah. Konsumen yang sudah mulai sadar lingkungan ini biasanya akan memilih produk-produk dengan kemasan yang ramah lingkungan. 

Tentunya hal ini bisa menjadi salah satu pertimbangan anda dalam membuat kemasan untuk produk anda. Usahakan untuk membuat kemasan produk yang ramah lingkungan. Misalnya, untuk produk makanan anda bisa menggunakan besek dari bambu. 

Selain itu, anda juga bisa menggunakan kemasan yang bisa didaur ulang sehingga tidak langsung berakhir di tempat sampah.

f. Membuat Kemasan Produk Yang Multi Fungsi

Membuat kemasan produk yang multi fungsi tentunya bisa menjadi kelebihan tersendiri buat produk anda. Sebagai contoh, kemasan produk kacang kulit yang memiliki dua fungsi. Sebagian sisi sebagai wadah kacang dan sisi lainnya sebagai tempat untuk membuang sampah kulit kacang. 

Selain membuat kemasan menjadi lebih unik, dengan model dua fungsi ini juga bisa menyadarkan konsumen untuk membuang sampah pada tempatnya. Contoh lainnya, ada juga beberapa kemasan snack yang bisa difungsikan sebagai tempat celengan untuk anak-anak. Jadi, kemasan produk anda akan tetap bisa difungsikan kembali oleh pelanggan anda.

Bandung Pusat Pembuatan Kemasan Produk yang Menarik

Salah satu tempat membuat kemasan yang menarik di Bandung bisa menghubungi Agro Media Digital (AMD). Belum lama ini, AMD telah memenuhi pesanan cetak kemasan untuk produk abon ikan tuna dari Kota Masohi Maluku Tengah.


Anda berminat untuk membuat kemasan produk yang menarik? Hubungi Agro Media Digital di nomor 085721109590 (WA/SMS/CALL) sekarang juga!

Itulah artikel singkat tentang Tips Membuat Kemasan Produk yang Menarik. Semoga dengan artikel ini terdapat pelaku UKM Bandung yang tergerak serta memiliki semangat untuk terus membangun bisnis dengan produknya masing-masing. Selamat berkreasi!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.