Header Ads

Wajib Tahu! 11 Peluang Usaha bagi Ibu Rumah Tangga

Wajib Tahu! 11 Peluang Usaha bagi Ibu Rumah Tangga - Menjadi seorang ibu rumah tangga memang tidak dituntut untuk mencari nafkah layaknya sang suami. Namun, tidak ada ada salahnya jika selain mengurus tugas rumah tangga anda juga bisa membuka usaha di rumah.

Selain bisa mendapatkan penghasilan tambahan untuk membantu keuangan keluarga, anda juga bisa sekalian refreshing. Anggap saja sebagai selingan agar rutinitas anda tidak monoton. Memilih ide usaha yang cocok untuk dikerjakan tentunya tidak mudah. Terlebih buat anda yang belum pernah ada pengalaman berwirausaha.

Namun anda tidak perlu khawatir. Buat anda yang berencana untuk membuka usaha di tahun 2020, berikut ini 10 peluang usaha bagi ibu rumah tangga yang bisa anda jadikan referensi.

[1] Laundry

Hampir setiap rumah terutama di kota-kota besar pasti memiliki mesin cuci sendiri. Selain difungsikan untuk mencuci pakaian keluarga, anda juga bisa menggunakan mesin cuci di rumah untuk usaha laundry.

Jadi, anda tidak memerlukan modal tambahan untuk memulai usaha. Cukup dengan menggunakan mesin cuci yang sudah anda miliki. Usaha laundry memang bukanlah hal yang baru. Namun, usaha yang satu ini tergolong sangat menguntungkan karena pasti akan selalu ada yang membutuhkannya. Terutama jika anda tinggal di daerah dekat kampus atau kos-kosan karyawan perusahaan.

[2] Bisnis Online (Online Shop)

Seperti yang anda ketahui, saat ini adalah trend-nya belanja online. Tak heran jika banyak sekali bermunculan online shop. Apalagi dengan menjamurnya marketplace yang memudahkan siapa saja untuk memulai bisnis.

Tak terkecuali buat para ibu rumah tangga atau pemula dengan modal yang minim. Anda bisa memulai berbisnis online dengan menjual produk-produk yang tidak akan sepi peminat. Misalnya fashion, makanan, minuman, perlengkapan make up, dan lain sebagainya. Dan buat anda yang belum memiliki produk, anda bisa dengan mudah mendapatkan penghasilan dengan menjadi dropshipper atau reseller.

[3] Make up Artist (MUA)

Sebagai kaum hawa tak terkecuali para ibu rumah tangga, tentunya tidak pernah terlepas dengan yang namanya make up. Dan buat anda yang memiliki kecintaan dan skill make up, sangat cocok jika anda menjadi Make up Artist (MUA).

Di mana anda bisa menjadi MUA untuk acara-acara formal seperti pernikahan, lamaran, pentas seni, wisuda, pesta dan lain sebagainya. Dengan begitu, anda bisa menjadi seorang ibu rumah tangga yang produktif dan mendapatkan penghasilan.

[4] Catering

Selain keahlian (skill) make up, kemampuan memasak para ibu rumah tangga tentunya sudah tidak bisa diragukan lagi. Untuk mendapatkan penghasilan tambahan, anda bisa membuka usaha catering harian. Misalnya catering untuk anak-anak kos, acara peringatan hari besar, syukuran, seminar dan lain sebagainya.

Anda bisa memasarkannya di lingkungan sekitar anda atau memasarkannya lewat media sosial. Sebagai awalan, anda bisa meminta bantuan tetangga untuk mencoba masakan anda dan meminta testimoni. Usaha catering sangat direkomendasikan buat anda karena peluangnya yang cukup menggiurkan.

Wajib Tahu! 11 Peluang Usaha bagi Ibu Rumah Tangga
Wajib Tahu! 11 Peluang Usaha bagi Ibu Rumah Tangga 

[5] Penulis Konten

Anda seorang ibu rumah tangga yang memiliki passion atau skill di bidang kepenulisan? Maka menjadi penulis konten adalah pilihan yang tepat buat anda. Terlebih saat ini adalah era-nya digital marketing yang membutuhkan konten-konten marketing yang unik dan kreatif.

Salah satunya adalah konten tulisan. Jika anda menguasai penulisan konten marketing tentunya anda sangat berpeluang untuk dicari banyak sekali digital marketer. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan tambahan penghasilan dengan mudah.

[6] Penerjemah

Buat anda ibu rumah tangga yang menguasai bahasa asing, anda bisa membuka jasa penerjemah dari rumah. Saat ini banyak sekali yang membutuhkan jasa penerjemah. Khususnya buat para pemburu beasiswa ke luar negeri yang membutuhkan jasa penerjemah dokumen atau berkas persyaratan beasiswa.

Di samping anda juga bisa menjadi penerjemah artikel atau jurnal yang banyak dibutuhkan di dunia literasi dan edukasi. Jadi, anda tidak perlu khawatir akan sepi pelanggan karena pasti jasa anda akan selalu dibutuhkan.

[7] Membuka Usaha Bimbingan Belajar 

Kalau usaha yang satu ini, sangat cocok buat anda yang memiliki background keguruan atau memiliki skill keilmuan tertentu. Meskipun saat ini sudah banyak sekali bermunculan bimbingan belajar online, namun nyatanya bimbingan belajar (bimbel) offline juga masih banyak peminatnya.

Jadi, membuka tempat bimbel tentu bukanlah ide yang buruk. Dan anda tidak perlu menyewa tempat khusus yang membutuhkan banyak biaya. Pasalnya, anda bisa membuka tempat bimbel di rumah yang bisa anda lengkapi dengan perpustakaan kecil atau perlengkapan belajar lainnya.

[8] Agen Pengiriman Online

Seiring dengan semakin menjamurnya online shop, tentunya jasa pengiriman (ekspedisi) juga semakin banyak dibutuhkan. Itulah mengapa banyak jasa pengiriman yang membuka peluang keagenan.

Jika rumah anda berada di lokasi yang strategis, menjadi agen jasa pengiriman paket bisa menjadi peluang yang cukup menggiurkan buat anda. Hanya bermodalkan meja, timbangan dan buku catatan, anda bisa dengan mudah memulai usaha.

Bahkan, ada beberapa jasa pengiriman yang memberikan fasilitas timbangan dan banner gratis kepada para agen. Tentunya, ini semakin mempermudah anda untuk memulai bisnis.

[9] Menjadi Vlogger atau Youtuber

Mau coba usaha sampingan ibu rumah tangga yang lagi hits? Ya, menjadi youtuber atau vlogger adalah salah satu profesi yang lagi happening. Anda bisa mendapatkan uang tambahan dengan menjadi seorang vlogger.

Dan anda tidak perlu memikirkan konten dengan tema-tema yang sulit dipahami. Cukup dengan mengunggah (upload) resep masakan sehai-hari atau tutorial make up ala ibu rumah tangga. Dijamin bakal banyak yang tertarik dengan channel youtube anda.

Tidak saja mendapatkan uang dari youtube, anda juga bisa mendapatkan uang tambhahan dari jasa endorse produk. Sangat menarik bukan?


[10] Membuka Usaha Tanaman

Akhir-akhir ini gaya hidup minimalis sedang hangat diperbincangkan di berbagai forum. Khususnya di lingkungan perkotaan, dimana para pemilik rumah menginginkan agar rumahnya terasa nyaman dan sejuk dengan menambahkan dekorasi tanaman hidup.

Baik itu di luar maupun di dalam rumah. Tentunya, ini menjadi peluang yang menguntungkan buat anda untuk membuka usaha tanaman hias. Mulai dari tanaman hias yang klasik seperti lidah buaya hingga tanaman hias modern seperti monster.

Anda bisa mempromosikannya secara online maupun offline ke orang-orang terdekat. Dan menjadi nilai plus jika anda juga menjual instalasi hidroponik yang banyak digemari masyarakat perkotaan.

Bagi Anda yang berminat membuka usaha tanaman online bisa membuka akun berjualan di Kiosagro ~ Baca: Apa Itu Kiosagro? 

[11] Jasa Order Jahitan

Salah satu usaha sampingan ibu rumah tangga yang tetap eksis adalah jasa order jahitan. Pasalnya, pakaian adalah salah satu kebutuhan primer manusia. Selain menjahit pakaian baru, banyak juga yang masih membutuhkan jasa penjahit untuk memperbaiki pakaian yang rusak.

Maka dapat dipastikan, anda tidak akan pernah sepi orderan. Apalagi saat musim lebaran atau masuk sekolah pastinya akan ramai pesanan untuk membuat pakaian atau seragam baru. Dan jika anda memiliki skill khusus untuk menjahit kebaya, gaun atau pakaian khusus tentunya ini akan menjadi nilai plus buat usaha anda.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.