Header Ads

Makanan Penangkal Virus serta Penyakit

Makanan Penangkal Virus serta Penyakit - Pagi kemarin (Rabu, 25 Maret 2020) berita tidak menyenangkan kembali muncul. Redaksi menerima informasi dari portal berita arus utama bahwa Tiga Kepala Daerah di Jawa Barat Positif Covid-19 serta di Kabupaten Bandung: 5 Pasien Meninggal.

Makanan Penangkal Virus serta Penyakit


Nah, Pembaca ... Kita dalam kondisi sehat supaya tetap waspada. Kita pastikan kesehatan mandiri diri kita termasuk menjaga pola dan memilih makanan. Kami kembali bekerjasama dengan Kiosagro berbagi informasi seputar #kiosagrocegahcovid19 khususnya artikel Makanan Penangkal Virus serta Penyakit a la Kiosagro.

[1] Biasakan Mengkonsumsi Buah Citrus

Kita semua mengetahui bahwa buah sitrus serupa lemon - kaya dengan berbagai nutrisi seperti vitamin C. Pun dengan buah jeruk; jeruk Mandarin atau jeruk Bali sudah lazim untuk dikonsumsi. Baik lemon atau jeruk merupakan jenis buah-buahan golongan buah sitrus yang 'menjanjikan' jamak intisari nutrisi.

Berbagai sumber kerap menginformasikan manfaat dari buah citrus. Beberapa diantaranya, yaitu:
  • Kaya Vitamin C
Buah-buahan yang mengandung vitamin C mampu menjadi pendorong sistem kekebalan tubuh terbesar. Apabila seseorang kekurangan vitamin C maka berpotensi rentan sakit. Anda bisa menemukan vitamin C lewat makanan, termasuk buah segar.
  • Antioksidan
Saat manusia mengkonsumsi buah-buahan terjadi proses pengolahan makanan menjadi energi. Ada reaksi yang kerap terjadi saat itu yang disebut dengan radikal bebas. Memang tidak saja berasal dari makanan, reaksi radikal bebas bisa diperoleh dari rekasi tubuh yang terpapar sinar matahari dan udara. 

Reaksi bebas tidak saja positif atau bermanfaat tapi ada juga yang negatif. Dan tubuh manusia memiliki daya tahan tubuh guna menangkal radikal bebas negatif, itulah antioksidan. Pada sayur dan buah termasuk lemon terkandung vitamin C, E dan karotenoid semisal lutein, beta karoten dan likopen.

[2] Mulailah rajin meminum rempah kunyit

Kembali menyoal imunitas tubuh manusia, kunyit bila dicampur dengan madu mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, kunyit bisa memerangi bakteri dan virus. Di saat seperti sekarang ketika wabah covif-19 merebak, pembaca bisa mengantisipasi dengan membiasakan meminum rempah kunyit.

[3] Konsumsi Sayuran Hijau

Guna mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19), maka setiap orang harus memiliki kesadaran akan pentingya pola makan. Salah satu caranya dengan membiasakan memilih bahan makanan. Selain menentukan jam makan yang teratur juga memilih jenis makanannya. Dan inilah beberapa sayuran hijau sebagai makanan yang mampu melindungi diri dari serangan Covid-19.
  • Sayur bayam
Salah satu upaya efektif bagi setiap orang yang bermaksud meningkatkan kekebalan tubuh dan menghindari serangan virus adalah dengan mengkonsumsi sayur bayam. Di dalam bayam terdapat kandungan vitamin dan antioksidan serta beta karoten yang dapat menolong tubuh saat menangkal virus jahat dan infeksi imunitas tubuh. 

Sayur bayam pun mengandung vitamin A, B kompleks, E, K dan mineral (asam folat, magnesium, zat besi, kalsium, sodium, dan potassium) yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Apabila setiap orang mengkonsumsi sayur bayam dengan teratur maka kadar serat serta antioksidan tinggi ditambah kalori dan minimnya lemak bayam mampu membantu meningkatkan sistem imun sebagai pencegahan virus Covid-19.
  • Brokoli
Sayuran hijau berikutnya adalah brokoli. Ada sejumlah kandungan nutrisi dalam brokoli yang berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh. Pembaca sejakhari ini bisa membiasakan menambah brokoli dalam makanan sehari-hari. 

Brokoli pun mengandung vitamin C yang dapat melindungi tubuh dari infeksi flu dan virus. Dan kandungan beta karoten pada brokoli bisa sebagai imunitas sehingga tidak mudah diserang penyakit. Dan para ahli kesehatan sering mengungkapkan bahwa brokoli termasuk sayuran berwarna hijau sebagai zat besi yang baik guna membantu proses memproduksi sel darah putih dan antibodi.

[4] Madu

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa madu memberikan jamak faedah bagi kesehatan yang sudah teruji secara klinis. Tidak saja terbukti secara ilmiah, setiap orang yang mengonsumsi madu sejalan dengan ajaran dalam Islam yang terdapat di dalam Alquran serta sesuai dengan sunah Nabi Muhammad SAW.

Pada dasarnya ada 3 (tiga) jenis madu; 
  1. madu gunung; 
  2. madu hutan; dan 
  3. hasil ternak manusia
Bagi pembaca yang meminum madu maka akan membuat tubuh terhindar dari kuman penyakit karena madu memiliki sifat anti bakteri.

Mengutip apa yang sudah ditulis oleh portal online Pikiran Rakyat beberapa waktu yang silam, disebutkan.

Anda yang terbiasa membuat minuman dengan infuse water, bisa memulai resep berikut ini:
Campurkan air lemon dan madu, berikut uraiannya.

Pertama, siapkan secangkir air hangat, ekstrak lemon segar yang diperoleh dari ½ lemon, serta satu sendok madu.

Kedua, tuangkan ekstrak lemon dan madu ke dalam air hangat, kemudian Anda aduk hingga merata dan minuman siap disajikan. Sebaiknya Anda mengkonsumsinya setiap hari di pagi hari. Minuman ini pun aman untuk anak-anak.

Minuman rendah kalori yang menyegarkan

Campuran air lemon dan madu ini pun merupakan minuman rendah kalori yang menyegarkan. Coba Anda preaktekkan membuat resep ini dengan air dingin. Apalagi saat cuaca terik sehingga Anda tetap terhidrasi. 

Menurunkan berat badan 

Minuman ini pun bisa sebagai solusi saat kita berencana menurunkan badan. Silakan  Anda coba meminum air lemon dan madu dalam keadaan perut kosong. Pasalnya, praktek ini mampu meningkatkan metabolisme guna mengurangi lemak yang tertimbun dan mengatur pergerakan usus. Waktu yang paling tepat menjalankannya yaitu pada saat jam makan (pagi, siang dan malam) tujuannya guna mempercepat proses pencernaan. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.