Header Ads

Workshop Bisnis Kreatif di Era Digital Bersama Kiosagro Group di GSG Salman ITB

Workshop Bisnis Kreatif di Era Digital Bersama Kiosagro Group di GSG Salman ITB - Antusiasme peserta yang begitu tinggi membuat acara workshop berjalan dengan cukup interaktif. Mulai dari peserta yang datang di dalam kota Bandung hingga luar kota Bandung kemarin (Sabtu, 7 Maret 2020).

suasana Workshop Bisnis Kreatif di Era Digital Bersama Kiosagro Group di GSG Salman ITB


Dengan susunan materi mulai dari Fundamental Bisnis di era industri kreatif seperti saat ini, hubungan digital marketing dengan bisnis offline, praktek membuat website dan praktek memulai beriklan di Facebook.

Acara diawali dengan paparan dari Hadiyan Nur Sofyan, kondisi pertanian di Indonesia yang ditayangkan oleh Hadiyan selaku founder Kiosagro di awal acara membuat seorang Yessa dari PT Berkah Tani Cisarua Lembang terpancing emosinya. Takpelak lagi, perempuan lulusan fakultas pertanian Universitas Andalas ini mulai menangis saat dirinya menceritakan kondisi yang dia saksikan sendiri di lapangan.

Sambil berlinang airmata, Yessa menceritakan kondisi pertanian di kota kelahirannya Padang serta umumnya Indonesia masih menyedihkan.

"Itulah kenapa saya sampai mau bekerja di Cisarua Lembang karena saya ingin terjun langsung sekuat tenaga membagikan keilmuan pertanian yang saya punya," ungkap Yessa dengan agak terbata-bata.

Kiosagro pun mengikutsertakan Ujang Supiandi selaku Chief of Learning & Development dari perusahaan rintisan bidang teknologi pertanian bernama Agavi. Dalam kesempatan ini Kang Ujang (panggilan akrabnya) mengapresiasi kiprah yang sudah Kiosagro lakukan.

"Saya ingin apresiasi kepada Kiosagro karena di setiap inovasinya membuat perubahan perubahan di bidang pertanian agar lebih maju," ucap Ujang.

"Kiosagro sangat aktif sekali menyusuri setiap daerah bahkan hingga pelosok-pelosok. Dan salah satu slogan yang membuat saya tertarik, 'listening is our solution'," sambung Ujang.

Peserta tidak saja dari kalangan anak muda, ada juga Johni Eka Putra salah satu pejabat deputi dari PT Pos Indonesia.

"Saya pribadi memiliki ketertarikan terhadap dunia digital marketing, saya senang bisa mengikuti workshop ini," komentar pak Johni di sela-sela workshop.

Pun dengan Muhammad Chaldun seorang dosen STIE Tri Dharma dan sedang menempuh jenjang pendidikan S3 di Universitas Padjadjaran Bandung.

"Walaupun digital marketing itu penting namun kita tidak boleh lupa dengan menjalankan bisnis konvensional. Saya mencoba mengimbangi keduanya," ujar pak Choldun.

Workshop kemarin pun memberikan pengetahuan seputar Pencatatan Pembukuan. Maka dihadirkan aplikasi Chatat.id dengan pembicara yaitu Herman Gunadi.

"Pentingnya Pencatatan Keuangan untuk UMKM. Berhasil tapi kok runtuh lagi? karena tidak dibangun kokoh sejak awal. Chatat dari hulu ke hilir akan memudahkan penggunanya para pelaku  UKM," ucap Herman.

Kang Herman pun menggarisbawahi akan pentingnya rajin mencatat pemasukan dan pengeluaran keuangan bisnis.

"Sebagian besar tidak mencatat atau mencatat menggunakan buku kas atau spreadsheet. Itulah fakta UMKM tentang Pencatatan Keuangan," ucap Kang Herman.

Ada stigma pelaku UKM yang harus dihapus dalam pikiran, seperti:
  • Susah
  • menghabiskan waktu dan biaya
  • buat apa?
Padahal pencatatan keuangan akan diperlukan ketika pelaku UKM bingung saat waktunya bayar pajak. Apa dasar membayar pajak kalau bukan pencatatan yang baik dan benar.

Ketika pencatatan baik dan tertib maka hal lain yang menjadi manfaat adalah ketika tiba momentum pelaku bisnis ingin mencari permodalan dari pihak ke-3.

"Tujuan kami benar-benar pro UKM. Para pengusaha kecil yang berusaha ingin maju. Awali dengan pencatan pembukuan keuangan yang baik."

Ervina (22 tahun), peserta asal Majalaya ini sempat mengajukan pertanyaan, "Apakah bisa memindahkan catatan pembukuan dari aplikasi lain ke Chatat?"

Sebab sebenarnya, Ervina sudah melakukan pencatatan pembukuan sejak lama di MS. Excel. Herman Gunadi pun menjawab, "Bisa, saudari hanya tinggal mengekspornya saja".

Pemaparan Adityarahman Muttaqien seputar Facebook Ads menutup acara Workshop Bisnis Kreatif di Era Digital Bersama Kiosagro Group di GSG Salman ITB kemarin (7 Maret 2020). Seperti biasa materi beriklan melalui media sosial khususnya Facebook selalu menyita perhatian peserta.

Setiap pertanyaan peserta menyoal teknis tentang trik beriklan di Facebook terhubung dengan Instagram dan pertanyaan teknis lain yang dibutuhkan oleh pengguna dijawab dengan tegas dan jelas. Namun berhubung durasi workshop yang dibatasi hingga pukul setengah enam petang dan itu masih kurang sesi Facebook Ads ini pun harus disudahi.

Kios agro Group memberikan solusi, bagi peserta yang tertarik untuk belajar lebih lanjut tentang Facebook Ads dan Google Ads bisa datang ke kantor Kiosagro Group di jalan Kuningan Raya 109, Antapani Bandung. Terdapat paket lengkap dari hulu ke hilir akan diberikan kepada Anda yang berminat mengambil kelas ini hanya dengan biaya sebesar 5,9 juta saja. Untuk Anda yang berminat bisa menghubungi via Whatsapp atau klik tautan ini.

Kiosagro Bincang Jumat Bisnis bersama Bank bjb Cirebon

Agenda terdekat yang akan Kiosagro Group lakukan adalah mengisi pelatihan di kota Cirebon. Seperti yang terlihat pada poster di bawah ini.

Kiosagro Bincang Jumat Bisnis bersama Bank bjb Cirebon


Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu atau disingkat Pesat menjadi penggagas acara Kiosagro Bincang Jumat Bisnis bersama Bank bjb Cirebon. Acara yang digadang-gadang akan rutin ini diadakan di bank bjb Sentra UMKM CirebonKC Cirebon bank bjb lantai 3 yang beralamat di jalan Siliwangi No. 30 Cirebon (depan pasar Kramat).

Pada event Kiosagro Bincang Jumat Bisnis bersama Bank bjb Cirebon 13 Maret 2020, narasumber yang akan mengisi tema, "Kekuatan Brand untuk Memenangi Pasar" tersebut menampilkan Hadiyan Nur Sofyan selaku CEO Kiosagro Group dan Heru Wibowo S sebagai CEO dari Agro Media Digital.

Acara akan dimulai pada pukul 13.30 dan berakhir pada 16.30 dan peserta dibatasi hanya 30 orang saja. Untuk Anda masyarakat kota Cirebon yang berminat mengikuti acara Kiosagro Bincang Jumat Bisnis bersama Bank bjb Cirebon ini silakan mendaftar bisa menghubungi Mono melalui Whatsapp di nomor 087821607511.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.