Header Ads

Helena Desserts Mencoba Belajar dan Memulai Usaha dengan Cepat Tanpa Modal yang Besar

[UKM Punya Cerita] Helena Desserts Mencoba Belajar dan Memulai Usaha dengan Cepat Tanpa Modal yang Besar - Menyikapi pandemi bagi para pelaku usaha termasuk kelas UKM berbeda-beda, ada yang berusaha bangkit atau ada yang memilih mundur seiring roda bisnis yang mulai kendur.

Tidak jarang pelaku UKM berusaha bangkit di tengah keterpurukan sektor bisnis tanah air akibat wabah covid-19, termasuk Helena Dessert. Awalnya sudah berjalan mulus dengan bisnis tata rias wajah dan kecantikan dengan nama usaha Make Up Helena.

"Sejak muncul wabah pandemik usaha jasa yang saya jalankan di bidang make up tidak dapat dilakukan dengan maksimal," ungkap Helena Oktavia Tambunan selaku founder Helena Desserts kepada tim UKM Bandung.

Untuk menyikapi kondisi bisnis yang kian lama kian memburuk, Helena tidak lantas berdiam diri. Alih-alih terpuruk, Helena pun mencoba menggali ide serta kreatifitas yang tidak lama kemudian terbersit untuk mencoba bisnis makanan dan lahirlah Helena Desserts.

Make Up Helena Jalan, Helena Desserts pun Terus Bergerak

Terseok-seok dengan bisnis kecantikan bersama Make Up Helena-nya, usaha tersebut hingga hari ini masih terus berjalan meskipun terhambat. Dan semenjak Juni 2020 Helena mulai memproduksi dan menjual makanan pembuka atau desserts, diantaranya kue dingin dalam kemasan kotak dan jar, cake, cookies atau kue kering.  

Sekarang sudah masuk bulan ke-4, Helena Desserts pun semakin memiliki banyak pelanggan bahkan orang-orang sudah mulai aware. Biasanya, pemesanan dalam bentuk PO (pre-order) minimal 1 hari sebelum pesanan dikirim. Pengiriman produknya menggunakan jasa kurir atau ojek online. 

"Sampai saat ini pemasaran dilakukan melalui Instagram dan Facebook, dan baru-baru ini mulai memasarkan di marketplace yaitu via Tokopedia," ujar Helena.

Belajar Memulai Usaha dengan Cepat Tanpa Modal yang Besar

Belajar Memulai Usaha dengan Cepat Tanpa Modal yang Besar

Belajar dan Memulai Usaha dengan Cepat Tanpa Modal yang Besar

Memiliki ketertarikan di bidang kuliner khususnya makanan penutup memudahkan Helena dalam mencari alternatif usaha guna memperoleh penghasilan. 

"Saya tertarik dengan usaha membuat dessert box yang hari ini tuh banyak banget peminatnya dan (saya-red) pikir bisa belajar dan memulai usaha ini dengan cepat tanpa modal yang besar. Selain itu, ada pertimbangan bahwa makanan itu selalu ada peminatnya," tegas wanita singel asal Cimahi ini.

Memulai usaha Helena Desserts sendiri dari mulai mencari resep, praktek membuat produk, belanja, perencanaan kemasan dilakukan sendiri. 

"Pada awalnya, saya meminta teman-teman untuk mencoba produk saya. Promosi dilakukan sendiri dibantu teman-teman dan saudara yang melakukan promosi dalam bentuk testimony atau informasi dari mulut ke mulut. Sampai sekarang saya masih melakukan usaha ini sendiri," urainya.

"Saya melakukan bisnis ini di rumah saya sendiri di Cimahi. Saya belum membuka cabang di manapun," tambahnya.

Sempat Menjalankan Bisnis Ayam Kemasan Siap Goreng

Helena Desserts mulai mempromosikan produk dan melakukan penjualan bulan Juni 2020. Jauh-jauh hari sebelumnya Helena sudah menjalankan penjualan ayam kemasan siap goreng sebagai re-seller

"Karena ada kendala harga ayam yang tiba-tiba melonjak, maka produsen menghentikan dulu usahanya. Lalu saya mendapat ide untuk menjual dessert box, saya waktu itu berpikir makanan jenis ini sedang laku di pasaran. Pertimbangan lainnya, proses pembuatannya tidak terlalu susah sehingga saya bisa memulai dengan cepat," tegas Helena. 

Helena Desserts Mencoba Belajar dan Memulai Usaha dengan Cepat Tanpa Modal yang Besar

Itulah sepenggal dari UKM Punya Cerita, Helena Desserts Mencoba Belajar dan Memulai Usaha dengan Cepat Tanpa Modal yang Besar. Dari cerita wanita hebat asal kota Cimahi ini kita bisa memetik banyak pelajaran mulai dari ide, kreatifitas, mengenali potensi diri, membaca peluang pasar dan yang paling penting kemauan yang besar. Semoga bisa menambah semangat bagi Anda yang tengah berusaha menjalankan bisnis. Semangat! 

----

Alamat Helena Desserts: Jl. Pojok Utara 3 No.17 Rt.02 Rw.13 Cimahi Tengah 

Tidak ada komentar

Komentar tanpa ujaran kebencian. NO SARA - terima kasih.

Diberdayakan oleh Blogger.