Header Ads

Artikel Kesehatan : Cara Membatasi Asupan Karbohidrat

Berikut ini kami sajikan Artikel Kesehatan : Cara Membatasi Asupan Karbohidrat. Cara diet seperti ini dikenal dengan istilah populer diet karbo atau diet rendah karbohidrat. Mekanisme sederhananya, Anda cukup melakukan mengganti konsumsi makanan karbohidra dengan makanan yang mengandung lemak sehat dan protein tinggi.

Artikel Kesehatan : Cara Membatasi Asupan Karbohidrat


Apabila Anda melakukan cara membatasi asupan karbohidrat ini dengan benar maka mampu menekan pembentukan lemak yang berlebihan di dalam tubuh yang tidak baik bagi kesehatan. Gambarannya adalah tubuh akan membakar lemak yang sebagian besar tersimpan di tubuh dibandingkan karbohidrat yang sudah dikonsumsi kondisi ini akan mendorong lemak untuk hilang.

Jamak pakar kesehatan gizi menyebutkan bahwa asupan karbohidrat pada umumnya dimanfaatkan oleh tubuh sebagai sumber energi utama. Usai karbohidrat dikonsumsi maka mereka akan diurai menjadi gula lalu diserap darah menjadi glukosa. 

Selanjutnya tubuh akan mengeluarkan insulin kemudian glukosa atau gula darah ini akan berperan sebagai sumber energi tubuh. Glukosa yang tidak terpakai akan disimpan di dalam hati, otot, atau sel lain yang diubah menjadi lemak. 

Proses tersebut yang menjadi dasar pemikiran diet rendah kabohidrat guna menurunkan berat badan. Dengan menurunkan asupan glukosa harapannya tubuh mampu membakar lemak yang tersimpan sebagai sumber energi. Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi sebagai cara membatasi asupan karbohidrat.

  1. Daging tanpa lemak, seperti sirloin, dada ayam,
  2. Ikan 
  3. Telur 
  4. Sayuran berdaun hijau seperti; kembang kol dan brokoli. 
  5. Kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti; selai kacang. 
  6. Minyak sehat, seperti; minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak lobak. 
  7. Buah-buahan, seperti apel, blueberry, dan stroberi. 
  8. Produk susu tanpa pemanis termasuk susu murni dan yoghurt.

Perlu diketahui pula bahwa jumlah karbohidrat dan ukuran porsi makanan saat cara membatasi asupan karbohidrat, yaitu 20 hingga 50 gram (g) karbohidrat per hari. Penting bagi orang yang mengikuti diet rendah karbohidrat dengan memilih makanan yang memiliki jumlah karbohidrat lebih rendah tetapi nilai gizi per porsi yang tinggi. 

Berikut ini makanan dalam jumlah yang mengandung sekitar 15 g karbohidrat: 

  1. buah apel atau jeruk seukuran bola tenis 
  2. 1 cangkir beri 
  3. 1 cangkir kubus melon ½ pisang ukuran sedang 
  4. 2 sendok makan kismis 
  5. 8 ons susu 6 ons yogurt tanpa rasa 
  6. ½ cangkir jagung 
  7. ½ cangkir kacang polong 
  8. ½ cangkir buncis atau polong-polongan 
  9. 1 kentang panggang kecil 
  10. 1 potong roti tawar 1/3 cangkir nasi

Walaupun makanan tersebut di atas jamak mengandung karbohidrat dengan jumlah rata-rata sama, bukan berarti setara secara nutrisi. Kandungan protein dan nutrisi penting, seperti Vitamin D dan kalsium selain kandungan karbohidratnya terdapat pada minuman susu. Vitamin dan mineral esensial terdapat pada buah dan sayuran. Adapun nasi merah atau hitam mampu memberikan nutrisi dalam jumlah lebih banyak dibandingan nasi putih walaupun kandungan karbohidratnya relatif sama.

Yang bisa juga dilakukan setiap orang yang mencari cara membatasi asupan karbohidrat adalah dengan membuat rencana makan. Cara ini akan memudahkan saat melakukan diet karbo. Pembaca yang tengah mencoba mengikuti diet rendah karbohidrat disarankan untuk memetakan pola makan ke depan atau merencanakan semua makanan sebelum berbelanja ke toko bahan makanan. 

Tujuan dari merencanakan makanan bisa membantu Anda untuk tetap menjalankan diet. Kita akan mengetahui apa yang akan dimakan untuk makan siang dan makan malam. Keuntungannya setiap orang akan menghindari pilihan makanan yang tidak sehat, seperti fast food..

Dan yang tidak kalah penting saat kita berusaha memetakan rencana makan, yaitu persiapan makan. Poin ini akan membantu seseorang saat :

  • Menghindari membuat pilihan makanan yang tidak sehat. 
  • Menghemat waktu selama waktu sibuk dalam sepekan. 
  • Menghemat uang. Karena sebagian orang suka menyiapkan sarapan dan makan siang seminggu sebelumnya dan menyimpan makanan dalam wadah.

Tidak menutup kemungkinan pula Anda bisa membekukan makanan. Setiap orang bisa menyiapkan lebih banyak makanan sebelumnya sehingga bisa menghindari memilih pilihan yang kurang sehat. Ada beberapa makanan rendah karbohidrat yang populer untuk disiapkan, semisal :

  • Muffin 
  • telur 
  • Greek yogurt 
  • Pancake protein 
  • Daging ayam 
  • Protein dan sayur tumis tanpa nasi

Bila perlu membawa makanan ringan atau cemilan rendah karbohidrat, seperti : 

  • Telur rebus 
  • Yogurt tanpa pemanis 
  • Wortel 
  • Segenggam kacang 
  • Keju 
Anda pun perlu menakar ukuran porsi dari camilan tersebut di atas guna menghindari makan berlebihan. 

Pembaca ... Itu saja Artikel Kesehatan : Cara Membatasi Asupan Karbohidrat yang bisa dijadikan bacaan ringan di sela-sela kesibukan. Anda pun bisa mendapatkan artikel kesehatan yang lebih lengkap lagi di portal SehatQ.

Tidak ada komentar

Komentar tanpa ujaran kebencian. NO SARA - terima kasih.

Diberdayakan oleh Blogger.